IMPLEMENTASI TAHFIDZ NAHAWAND DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MI MIFTAHUL HUDA PANDANSARI NGUNUT TULUNGAGUNG

NABILA ZAKIYAH SALMA, 126205211046 (2025) IMPLEMENTASI TAHFIDZ NAHAWAND DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MI MIFTAHUL HUDA PANDANSARI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (651kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (341kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Tahfidz Nahawand dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa di MI Miftahul Huda Pandansari Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Nabila Zakiyah Salma, NIM. 126205211046, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Ilmu Keguruan, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Muhammad Dwi Toriyono, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Tahfidz, Nahawand, Kecerdasan Spiritual. Penelitian ini dilatar belakangi oleh tahfidz Nahawand, kegiatan menghafal Al Qur’an dengan cara membaca secara berulang-ulang dan setoran. MI Miftahul Huda Pandansari Ngunut Tulungagung salah satu sekolah yang menggunakan irama Nahawand. Irama Nahawand memiliki gerak alunan ringan, sederhana yang dapat memikat jiwa. Tahfidz Nahawand mampu mengembangkan kecerdasan spiritual seperti kecerdasan jiwa, kecerdasan yang dapat membantu manusia dalam menyembuhkan dirinya secara utuh. Kegiatan tahfidz Nahawand mampu mengembangkan kecerdasan spiritual siswa dalam pembelajaran membaca, menghafal surat-surat pendek, dan setoran dengan menggunakan nada indah yang dapat meningkatkan ketenangan jiwa. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan desain tahfidz Nahawand dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di MI Miftahul Huda Pandansari Ngunut Tulungagung, (2) mendeskripsikan konten tahfidz Nahawand dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di MI Miftahul Huda Pandansari Ngunut Tulungagung, (3) mendeskripsikan evaluasi tahfidz Nahawand dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di MI Miftahul Huda Pandansari Ngunut Tulungagung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi sehingga data dianalisis dengan kondensasi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pengumpulan dan analisis data penelitian menunjukkan bahwa, (1) desain tahfidz Nahawand dapat mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di MI Miftahul Huda Pandansari Ngunut Tulungagung dilakukan sesuai dengan instruksi ustadzahnya dan metode yang dilakukan, (2) konten tahfidz Nahawand mendukung mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di MI Miftahul Huda Pandansari Ngunut Tulungagung terdapat 7 irama yang berbeda-beda diantaranya, pendahuluan irama Nahawand, Nahawand ashli, Nahawand jawab dengan naik-datar-turun, Nahawand jawab dengan mengacak ujung nada, teknik pengabungan nada irama Nahawand, Nahawand jawab dengan datar-turun, pengabungan irama Nahawand ashli dan Nahawand jawab, (3) evaluasi tahfidz Nahawand mampu mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di MI Miftahul Huda Pandansari Ngunut Tulungagung menggunakan hafalan dan setoran 3 sampai 5 surat kepada ustadzah yang dimana mampu meningkatkan kecerdasan spiritual siswa

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205211046 NABILA ZAKIYAH SALMA
Date Deposited: 17 Jun 2025 01:06
Last Modified: 17 Jun 2025 01:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58102

Actions (login required)

View Item View Item