SALIS HIDAYATUL WIFQI, 126201211071 (2025) STRATEGI GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SALAT DUHA BERJAMAAH PADA SISWA DI MTSN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (476kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (428kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (833kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang tidak disiplin dalam melaksanakan salat, baik salat fardu maupun salat sunah apalagi di era modern saat ini. Kedisiplinan dalam konteks pelaksanaan salat menjadi aspek yang harus diperhatikan oleh semua orang. MTsN 2 Blitar menjadi salah satu madrasah yang memiliki komitmen kuat dalam meningkatkan kedisiplinan salat duha berjamaah dan sampai saat ini masih berjalan dengan tertib karena tidak terlepas dari adanya peran guru Fikih yang dimana tidak hanya bertanggung jawab dalam menyampaikan materi pelajaran, tetapi juga membimbing siswa untuk melaksanakan ajaran agamanya dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru Fikih, guru tata tertib (tatib), Waka Kesiswaan, dan beberapa peserta didik MTsN 2 Blitar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru Fikih dalam melakukan pembiasaan salat duha berjamaah pada siswa di MTsN 2 Blitar? 2) Bagaimana strategi guru Fikih dalam memberikan teladan salat duha berjamaah pada siswa di MTsN 2 Blitar? 3) Bagaimana strategi guru Fikih dalam memberikan penyadaran salat duha berjamaah pada siswa di MTsN 2 Blitar? 4) Bagaimana strategi guru Fikih dalam melakukan pengawasan salat duha berjamaah pada siswa di MTsN 2 Blitar?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh guru Fikih cukup efektif dan terbukti dapat meningkatkan kedisiplinan salat duha berjamaah yang meliputi: 1) Strategi dalam melakukan pembiasaan yaitu dengan menjadikan salat duha sebagai program madrasah yang wajib dilakukan secara rutin, guru berkolaborasi dengan semua elemen sekolah dan bekerja sama dengan orang tua. 2) Strategi dalam memberikan keteladanan yaitu melalui Waka Kesiswaan, guru membuat jadwal imam salat dan pendampingan, guru rutin datang lebih awal dan mengikuti semua kegiatan rangkaian salat duha dari awal hingga akhir, serta guru juga selalu memberikan contoh perilaku yang religius bagi siswa. 3) Strategi dalam memberikan penyadaran yaitu dengan menggunakan pendekatan edukatif melalui ceramah keagamaan atau memberikan pemahaman materi melalui mata pelajaran Fikih serta menggunakan pendekatan psikologis dengan memberikan motivasi spiritual dan nasehat tentang pentingnya salat berjamaah. 4) Strategi dalam melakukan pengawasan yaitu dengan melibatkan guru dan siswa sebagai pengawas kedisiplinan, menerapkan sistem tertulis berupa buku absen dan buku catatan, serta penerapan sanksi edukatif bagi siswa yang tidak tertib.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Guru Fiqih > Sholat |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201211071 SALIS HIDAYATUL WIFQI |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 04:00 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 04:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58159 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |