M. RIZA MUQTAFA AMIN, 126210212057 (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH POPULER KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 KALIDAWIR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (978kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Muqtafa, Riza. 2025. Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah Populer Kelas VIII. Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungaung, Pembimbing Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd. Kata kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Keterampilan Menulis, Artikel Ilmiah Populer Penelitian ini dilandasi oleh kurangnya inovasi yang menyebabkan kurang optimalnya pembelajaran kelas VIII pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi menulis artikel ilmiah populer. Pendidik hanya menggunakan media yang ada di dalam kelas seperti papan tulis dan LKS yang di dalamnya berisi ringkasan materi dan latihan soal yang diberikan kepada siswa. Pendidik belum menerapkan media yang menarik dalam pembelajaran. Dengan adanya penelitian ini, peneliti akan mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap keterampilan menulis artikel ilmiah populer kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu suatu proses menemukan pengetahuan dengan menggunakan data berupa angka sebagai alat analisis mengenai pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap keterampilan menulis artikel ilmiah populer kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Jenis penelitian eksperimen paling tepat digunakan untuk mengetahui sebab akibat. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum diberi perlakuan menjalani pretest dengan tujuan mengetahui kondisi kelas sebelum diberi treatment (perlakuan). Kemudian setelah mendapat perlakuan, kelas kontrol dan kelas eksperimen diberi posttest untuk mengetahui kondisi kelas atau kelompok setelah diberikan treatment (perlakuan). Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data, dapat diketahui bawa hasil nilai posttest menulis artikel ilmiah populer siswa lebih baik daripada nilai pretest. Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap keterampilan menulis artikel ilmiah populer kelas VIII. Hasil rata-rata nilai tes sebelum menggunakan media pembelajaran interaktif sebesar 63,28 sedangkan setelah menggunakan media pembalajaran interaktif memiliki nilai dengan rata-rata 79,72. Data pada kelas kontrol memiliki nilai sig. sebesar 0.002 < 0.05 dan kelas eksperimen dengan nilai sig. 0.000 < 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa maka Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari media pembelajaran interaktif terhadap keterampilan menulis artikel ilmiah populer kelas VIII.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210212057 M. RIZA MUQTAFA AMIN |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 02:56 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 02:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58200 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |