KHOFIFAH TAMAYYUZ, 126207202053 (2024) MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SMKN 1 PURWOASRI KEDIRI. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (718kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tamayyuz, Khofifah. 2024. Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan pada SMKN 1 Purwoasri Kediri. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Ahmad Fahrudin, M.Pd.I., NIP. 198902102019031022. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Merdeka Belajar, Mutu Pendidikan Sekolah sebagai lembaga yang berkecimpung dalam pendidikan kehidupan sehari-hari masyarakat, telah menetapkan aturan-aturan dalam melaksanakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang disebut kurikulum. Seiring perkembangan zaman yang begitu cepat sehingga kurikulum harus senantiasa berubah dan berkembang dengan menyesuaikan kondisi saat ini. Kurikulum merdeka belajar bukan hanya sekedar kebijakan baru bagi lembaga pendidikan, namun juga merupakan upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Kurikulum merdeka belajar dirancang menjadi kurikulum yang lebih fleksibel yang berfokus pada konten penting dan mengembangkan karakter dan kemampuan peserta didik. SMKN 1 Purwoasri Kediri menjadi salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka belajar pada tahun ajaran 2022/2023 dengan opsi mandiri berubah. Mengingat SMKN 1 Purwoasri Kediri merupakan sekolah dengan pendidikan yang berkualitas, maka pengelolaan kurikulum merdeka belajar sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kurikulum merdeka belajar untuk meningkatkan mutu pendidikan pada SMKN 1 Purwoasri Kediri? (2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka belajar untuk meningkatkan mutu pendidikan pada SMKN 1 Purwoasri Kediri? (3) Bagaimana evaluasi kurikulum merdeka belajar untuk meningkatkan mutu pendidikan pada SMKN 1 Purwoasri Kediri? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana perencanaan kurikulum merdeka belajar untuk meningkatkan mutu pendidikan pada SMKN 1 Purwoasri Kediri. (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka belajar untuk meningkatkan mutu pendidikan pada SMKN1 Purwoasri Kediri. (3) Untuk mengetahui bagaimana evaluasi kurikulum merdeka belajar untuk meningkatkan mutu pendidikan pada SMKN 1 Purwoasri Kediri. Dalam penulisan ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Objek penelitian di SMKN 1 Purwoasri Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisi data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan uji credibility, uji transferability, uji dependability dan uji confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan kurikulum merdeka belajar untuk meningkatkan mutu pendidikan pada SMKN 1 Purwoasri Kediri yaitu adanya arahan dari dinas terkait, kemudian ditindak lanjuti pembentukan tim pengembang kurikulum, pembentukan dokumen kurikulum, dan mempersiapkan sumber daya manusia, menyusun dan mempersiapkan modul ajar sebelum proses pembelajaran, dan menganalisis kebutuhan sarana dan prasarana. (2) Pelaksanaan kurikulum merdeka belajar untuk meningkatkan mutu pendidikan pada SMKN 1 Purwoasri Kediri yaitu pembelajaran intrakurikuler yang dilaksanakan sesuai dengan Permendikbud Nomor. 12 Tahun 2024 dan sesuai dengan modul ajar, pembelajaran kokurikuler berupa projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) yang dilaksanakan dengan sistem blok dan sekolah memilih kebekerjaan sebagai tema wajib, dan pembelajaran ekstrakurikuler yang dilaksanakan diluar jam pelajaran di kelas dengan jadwal yang ada dan juga dilakukan lintas kelas. (3) Evaluasi kurikulum merdeka belajar untuk meningkatkan mutu pendidikan pada SMKN 1 Purwoasri Kediri yaitu evaluasi dilaksanakan dengan adanya asesmen dan supervisi dalam pembelajaran. Selain itu juga terdapat evaluasi berkala yang dilakukan dengan mengadakan rapat dinas di setiap akhir semester atau akhir tahun ajaran serta tahapan evaluasi dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dilakukan mulai dari perencanaan evaluasi, pengumpulan data, analisis data, penyusunan laporan evaluasi, tindak lanjut dan pelaporan serta sosialiasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum Pendidikan > Mutu Pendidikan Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207202053 KHOFIFAH TAMAYYUZ |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 04:19 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 04:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58204 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |