STRATEGI GURU FIQIH DALAM MEWUJUDKAN PENGAMALAN BERIBADAH PESERTA DIDIK DI MA MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR

MUHAMMAD MAFAZ KHOLTHY, 126201212148 (2025) STRATEGI GURU FIQIH DALAM MEWUJUDKAN PENGAMALAN BERIBADAH PESERTA DIDIK DI MA MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (545kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (345kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini ditulis oleh Muhammad Mafaz Kholthy, 126201212148. Strategi Guru Fiqih dalam Mewujudkan Pengamalan Beribadah Peserta Didik di MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Bapak Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru Fiqih, Pengamalan Beribadah. Penelitian ini didasarkan pada konteks di tempat penelitian tentang strategi guru Fiqih untuk mewujudkan pengamalan beribadah peserta didik. Memasuki kemajuan zaman di era digitalisasi seperti ini, dimana tantangan yang dihadapi juga semakin berat. Seringkali peserta didik lebih senang untuk bermain handphone dan sosial media sampai mereka melupakan kewajibannya untuk beribadah kepada Allah. Oleh karena itu, guru Fiqih perlu menerapkan strategi untuk meningkatkan perwujudan ibadah pada siswa yang bertujuan agar siswa dapat melaksanakan ibadah secara konsisten, menyadari kewajibannya sebagai seorang hamba, dan memiliki benteng agar tidak terlena dengan kehidupan dunia. Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan strategi pengorganisasian guru Fiqih dalam mewujudkan pengamalan beribadah peserta didik di MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. 2) Untuk mendeskripsikan strategi penyampaian guru Fiqih dalam mewujudkan pengamalan beribadah peserta didik di MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. 3) Untuk mendeskripsikan strategi pengelolaan guru Fiqih dalam mewujudkan pengamalan beribadah peserta didik di MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diambil dari guru Fiqih, Waka Kurikulum, dan Peserta didik MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, enyajian data dan penariakn kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini adalah 1) Strategi pengorganisasian guru Fiqih dalam mewujudkan pengamalan beribadah peserta didik di MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar dilakukan dengan melakukan rapat dengan Waka Kurikulum di awal semester sebagai langkah awal untuk membuat modul ajar serta menyesuaikan materi yang akan digunakan, menggunakan kurikulum yang sudah sesuai dengan pengelompokkan yang ada, dan mengukur pemahaman awal peserta didik tentang konteks beribadah dengan contoh kasus dan praktek. 2) Strategi penyampaian guru Fiqih dalam mewujudkan pengamalan beribadah peserta didik di MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar yaitu dengan metode bercerita dan demonstrasi, menggunakan media dan alat pembelajaran berupa PowerPoint dan proyektor, menggunakan pendekatan PBL (Problem Based Learning) dengan membentuk kelompok belajar, dan memberikan gambaran atau contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari, karena hal tersebut bisa lebih mudah dipahami oleh peserta didik. 3) Strategi pengelolaan guru Fiqih dalam mewujudkan pengamalan beribadah peserta didik adalah dengan memberikan keleluasaan kepada peserta didik untuk meperdalam materi secara mandiri, memberikan bimbingan kepada peserta didik yang masih kurang dalam hal beribadah melalui kelas madikarama, melakukan apersepsi di setiap pembelajarannya, guna mengingatkan peserta didik tentang apa yang telah disampaikan, dan mengikuti evaluasi yang diadakan oleh pihak Madrasah, tentang bagaimana pemahaman peserta didik serta pengamalan mereka tentang beribadah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212148 MUHAMMAD MAFAZ KHOLTHY
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:45
Last Modified: 23 Jun 2025 03:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58205

Actions (login required)

View Item View Item