KHOIRUN NISA', 126201211037 (2025) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN DI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL HAJI SUYOTO WATULIMO TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Implementasi Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an di Muhammadiyah Boarding School Haji Suyoto Watulimo Trenggalek” ini ditulis oleh Khoirun Nisa’, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh H. Abdulloh Chakim, S. Ag., M.Pd. Kata Kunci: Metode Sorogan. Kualitas Hafalan Al-Qur’an Keberhasilan suatu program hafalan dapat dilihat dari baik buruknya santri dalam proses mengingat maupun pengulangan suatu ayat yang telah dihafalkan. Hal ini dikarenakan lembaran dalam Al-Qur’an sangat banyak dan sebagian ayat-ayatnya ada yang sama. Oleh karena itu dibutuhkan metode yang tepat dalam menghafal Al-Qur’an agar hafalan para santri terjaga dan tidak mudah lupa. Metode sorogan yang diterapkan di Muhammadiyah Boarding School Haji Suyoto Watulimo Trenggalek dalan meningkatkan kualitas hafalan santri. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran pelaksanaan metode sorogan dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an di Muhammadiyah Boarding School Haji Suyoto Watulimo Trenggalek (2) Bagaimana dampak metode sorogan terhadap hafalan Al-Qur’an di Muhammadiyah Boarding School Haji Suyoto Watulimo Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan metode sorogan yang dilakukan di Muhammadiyah Boarding School Haji Suyoto Watulimo Trenggalek menggunakan tiga kegiatan yaitu kegiatan awal dimulai dengan berdo’a terlebih dahulu serta santri diberi waktu untuk mengulang kembali hafalan yang akan disetorkan, selanjutnya pada kegiatan inti santri menyetorkan hafalan kepada Ustad pembimbing secara bergantian, setelah itu kegiatan penutup dengan berdo’a kafaratul majelis bersama-sama antara santri dan ustad pembimbingnya. (2) dampak metode sorogan terhadap hafalan Al-Qur’an di Muhammadiyah Boarding School Watulimo Trenggalek yaitu santri mendapatkan bimbingan langsung dari para ustad pembimbingya dalam pembenaran tajwid baik mahrijul huruf maupun sifatul hurufnya. Selain itu para santri juga lebih fasih dalam membaca Al-Qur’an dan menjadikan hafalannya tersebut menjadi lancar. Penambahan hafalan santri pula menjadi semakin cepat apalagi ketika teman disekitarnya hafalannya lebih banyak sehingga santri yang lain bersemangat untuk menghafal Al-Qur’an.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201211037 KHOIRUN NISA' |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 03:46 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 03:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58234 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |