SOFIANA SHOLIKAH, 126201211081 (2025) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN MUSIM 15. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (763kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Film Animasi Upin dan Ipin Musim 15” ini ditulis oleh Sofiana Sholikah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Skripsi: Ahmad Natsir, M.Pd.I. Film animasi Upin dan Ipin merupakan salah satu film animasi yang berasal dari Malaysia dan sangat populer di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Kehidupan Upin dan Ipin diwarnai oleh interaksi dengan teman-teman sebayanya, kegiatan di sekolah dan masjid, serta nilai-nilai budaya Melayu dan ajaran Islam yang secara konsisten ditampilkan dalam setiap episode. Keistimewaan film animasi Upin dan Ipin terletak pada kemampuannya mengangkat nilai-nilai kehidupan dan keagamaan dalam bentuk cerita yang sederhana, namun penuh makna. Dengan banyaknya musim dan episode yang sudah dihasilkan oleh Les’ Copaque Production, peneliti tertarik untuk menganalisis episode “Dugaan Puasa” dan episode “Gerobok Rezeki” pada musim 15 karena selain mengandung pesan moral dan pelajaran yang dapat dipetik, episode “Dugaan Puasa” dan episode “Gerobok Rezeki” pada musim 15 juga mengandung nilai-nilai pendidikan agama Islam. Dalam pandangan Nurcholis Madjid, ia menyatakan bahwa nilai-nilai keagamaan merupakan hal yang mendasar untuk ditanamkan pada anak dan dalam kegiatan menanamkan nilai-nilai inilah yang sesungguhnya menjadi inti dari pendidikan. Di antara nilai-nilai tersebut adalah nilai akidah, nilai syariah, dan nilai akhlak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana nilai akidah yang terdapat dalam film animasi Upin dan Ipin musim 15 pada episode “Dugaan Puasa” dan episode “Gerobok Rezeki”?, (2) Bagaimana nilai syariah yang terdapat dalam film animasi Upin dan Ipin musim 15 pada episode “Dugaan Puasa” dan episode “Gerobok Rezeki”?, serta (3) Bagaimana nilai akhlak yang terdapat dalam film animasi Upin dan Ipin musim 15 pada episode “Dugaan Puasa” dan episode “Gerobok Rezeki”?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan nilai akidah yang terdapat dalam film animasi Upin dan Ipin musim 15 pada episode “Dugaan Puasa” dan episode “Gerobok Rezeki”, (2) Untuk mendeskripsikan nilai syariah yang terdapat dalam film animasi Upin dan Ipin musim 15 pada episode “Dugaan Puasa” dan episode “Gerobok Rezeki”, serta (3) Untuk mendeskripsikan nilai akhlak yang terdapat dalam film animasi Upin dan Ipin musim 15 pada episode “Dugaan Puasa” dan episode “Gerobok Rezeki”. Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Penelitian ini termasuk penelitian library research atau kajian kepustakaan atau dapat juga disebut dengan studi kepustakaan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer berupa film animasi Upin dan Ipin musim 15 pada episode “Dugaan Puasa” yang terdapat di aplikasi RCTI+ dan episode “Gerobok Rezeki” yang terdapat di aplikasi YouTube “Neoh Studio” serta data sekunder berupa buku, skripsi tahun sebelum-sebelumnya, jurnal penelitian, artikel ilmiah, dan informasi dari internet yang berkaitan dengan objek penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis isi atau analisis dokumen (content analysis) dengan penyajian menggunakan teknik semiotika dari Ferdinand de Saussure. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat (1) Nilai akidah yang terdapat dalam film animasi Upin dan Ipin musim 15 pada episode “Dugaan Puasa” dan episode “Gerobok Rezeki” adalah iman kepada Allah Swt. (berdoa), iman kepada kitab-kitab Allah Swt. (percaya kitab Al-Qur’an), dan iman kepada qada dan qadar (percaya dengan ketetapan dan ketentuan Allah Swt.), (2) Nilai syariah yang terdapat dalam film animasi Upin dan Ipin musim 15 pada episode “Dugaan Puasa” dan episode “Gerobok Rezeki” adalah ibadah (salat dan puasa), muamalah (jual beli), dan hubungan sosial (mementingkan hak orang lain) serta (3) Nilai akhlak yang terdapat dalam film animasi Upin dan Ipin musim 15 pada episode “Dugaan Puasa” dan episode “Gerobok Rezeki” adalah akhlak terhadap Allah Swt. (tadarus Al-Qur’an, tawakal, qonaah, dan bersyukur), akhlak terhadap manusia (akhlak terhadap diri sendiri terdiri dari jujur, sabar, ikhlas, sederhana, dan menahan hawa nafsu; akhlak terhadap keluarga terdiri dari patuh dan sopan santun; dan akhlak terhadap orang lain terdiri dari tolong menolong, berbagi, peduli, toleransi beragama, nasihat, dan ukhuwah Islamiyah), dan akhlak terhadap lingkungan (menjaga kebersihan lingkungan). Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Film Animasi Upin dan Ipin.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201211081 SOFIANA SHOLIKAH |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 08:45 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 08:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58285 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |