RIFDAH ADILAH ACHSANI, 126210211037 (2025) REPRESENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA TOKOH ARA FILM KELUARGA CEMARA 2 DAN PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN DRAMA KELAS XI SMK ISLAM PANCA HIDAYAH. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (675kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Achsani, Adilah, Rifdah. 2025. Representasi Profil Pelajar Pancasila pada Tokoh Ara Film Keluarga Cemara 2 dan Pemanfaatanya dalam Pembelajaran Drama Kelas IX SMK Islam Panca Hidayah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata Kunci : Profil Pelajar Pancasila, Film Keluarga Cemara 2, Pembelajaran Drama Kelas IX Kurikulum merdeka diluncurkan Mendikbudrisket sebagai suatu kurikulum baru. Kurikulum Merdeka memiliki enam standar kompetensi lulusan (SKL) yang terdapat pada profil pelajar Pancasila. Enam profil ini diantaranya yaitu ; beriman, bertakwa kepada tuhan YME, dan berakhlak mulia; berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Upaya untuk menanamkan profil pelajar Pancasila yaitu melalui pembelajaran Drama dengan menggunakan media film. Film memiliki peran penting dalam membentuk nilai-nilai karakter karena mampu menyampaikan pesan moral secara visual dan emosional. Bagi siswa, khususnya di tingkat SMK, film menjadi media pembelajaran yang menarik dan mudah diterima. Film merupakan media yang cukup populer di kalangan remaja, oleh karena itu media ini bisa dimanfaatkan guru sebagai sarana dalam pembelajaran, termasuk pada materi teks drama. Media film ini digunakan di Sekolah SMK Islam Panca Hidayah. Salah satu contohnya adalah Film Keluarga Cemara 2, yang menghadirkan kekuatan karakter melalui tokoh Ara sebagai representasi nilai-nilai keteladanan dan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini mengkaji nilai Profil Pelajar Pancasila yang terdapat pada tokoh Ara film Keluarga Cemara 2. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan profil pelajar Pancasila pada tokoh Ara dalam film Keluarga Cemara 2 dan pemanfaatan pada pembelajaran drama kelas XI di SMK Islam Panca Hidayah. Penelitian ini menggunakan Metode analisis konten dengan pendekatan struktural yang mengkaji pada karakter tokoh Ara dalam film Keluarga Cemara 2. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Sumber data primer ini berasal dari film Keluarga Cemara 2, sedangkan sumber data sekunder berasal dari artikel dan karya ilmiah yang dapat digunakan sebagai referensi. Berdasarkan analisis data, ditemukan nilai profil pelajar Pancasila pada tokoh Ara dalam film Keluarga Cemara 2 yakni: (1) mandiri, yang diwujudkan pada bentuk tidak bergantung pada orang lain dan regulasi diri; (2) bernalar kritis dan diwujudkan pada kemampuan analisis, mengambil keputusan dan refleksi pikiran; (3) kreatif yang diwujurkan dengan menghasilkan sebuah gagasan dan menghasilakan karya. Nilai profil pelajar Pancasilan juga ditemukan pada film “Keluarga Cemara 2” serta dapat dimanfaatkan pada pembelajaran Drama kelas XI di SMK Islam Panca Hidayah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Film |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210211037 RIFDAH ADILAH ACHSANI |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 02:04 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 02:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58292 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |