Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII SMPN 1 Ngantru Kab. Tulungagung

Zulfa Ulin Nuha, 2814133214 (2017) Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII SMPN 1 Ngantru Kab. Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (311kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

ZulfaUlinNuha, NIM 2814133214, 2017. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII SMPN 1 Ngantru Kab. Tulungagung Tahun 2016/2017. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Garis dan Sudut Berpikir kritis merupakan berpikir yang tidak langsung mengarah ke kesimpulan, atau menerima beberapa bukti, tuntutan atau keputusan begitu saja, tanpa sungguh-sungguh memikirkannya dan berpikir kritis dengan jelas menuntut interpretasi dan evaluasi terhadap observasi, komunikasi, dan sumber-sumber informasi lainnya. Untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa, maka seorang pendidik harus melakukan kegiatan yang bisa membuat siswa menunjukkan kemampuan berpikir kritis mereka. Salah satu kegiatan tersebut adalah menyelesaikan atau memecahkan masalah matematika. Dengan menyelesaikan soal matematika membuat keterampilan berpikir siswa akan meningkat karena pola berpikir yang dikembangkan matematika membutuhkan dan melibatkan pemikiran kritis, sistematis, logis, dan kreatif. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa berkemampuan matematik tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal matematika pada materi garis dan sudut kelas VII SMPN 1 Ngantru Kab. Tulungagung tahun 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah SMPN 1 Ngantru Tulungagung, dengan sumber data yang diambil dari siswa kelas VII I. Data yang diperoleh berupa data hasil tes tertulis, wawancara, dan observasi. Data hasil tes tertulis diperoleh dari hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal materi garis dan sudut kelas VII-I berdasarkan indikator berpikir kritis menurut Facione. Analisis data yang digunakan dengan beberapa tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa yang berkemampuan matematik tinggi jika siswa mampu memenuhi semua 4 indikator berpikir kritis yaitu I1 (interpretasi), I2 (analisis), I3 (evaluasi), dan I4 (inference) harus terpenuhi. (2) Siswa yang berkemampuan matematik sedang apabila siswa mampu memenuhi minimal 2 indikator berpikir kritis dari I2 dan I3 harus terpenuhi. (3) Siswa yang berkemampuan matematik rendah apabila siswa hanya mampu memenuhi salah satu indikator berpikir kritis dari I1, I2, I3, dan I4 atau bahkan siswa tidak memenuhi satupun indikator berpikir kritis dari I1, I2, I3, dan I4. �

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133214 ZULFA ULIN NUHA
Date Deposited: 23 Aug 2017 02:50
Last Modified: 23 Aug 2017 02:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5834

Actions (login required)

View Item View Item