AURYA CHURUN 'AIN, 126405212079 (2025) PENGARUH MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP RETENSI PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Hyfresh Supermarket Blitar Square). [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan dan Reputasi Perusahaan Terhadap Retensi Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Hyfresh Supermarket Blitar Square)” ini ditulis oleh Aurya Churun ‘Ain, NIM. 126405212079, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Risdiana Himmati, S.E., M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan bisnis ritel yang didasari karena pemenuhan kebutuhan manusia yang semakin banyak dan beragam. Bertambahnya tempat belanja yang semakin banyak dengan penawaran barang yang sama, menjadikan pelanggan untuk lebih selektif dalam memilih tempat belanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen hubungan pelanggan dan reputasi perusahaan terhadap retensi pelanggan Hyfresh Supermarket Blitar Square. Tujuan lainnya untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap retensi pelanggan Hyfresh Supermarket Blitar Square, serta untuk mengetahui apakah manajemen hubungan pelanggan dan reputasi perusahaan melalui kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap retensi pelanggan Hyfresh Supermarket Blitar Square. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli atau belanja di Hyfresh Supermarket Blitar Square. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus Lemeshow. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui jawaban kuesioner pelanggan Hyfresh Supermarket Blitar Square. Penelitian ini menggunakan metode Sem-PLS dengan bantuan software SmartPLS versi 4.0. Pada penelitian ini diperoleh hasil, bahwa manajemen hubungan pelanggan tidak berpengaruh terhadap retensi pelanggan, reputasi perusahaan berpengaruh terhadap retensi pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap retensi pelanggan, manajemen hubungan pelanggan berpengaruh terhadap retensi pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening, dan reputasi perusahaan berpengaruh terhadap retensi pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Kata Kunci: Manajemen Hubungan, Reputasi, Retensi, Kepuasan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kinerja Pegawai Layanan Publik |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 126405212079 AURYA CHURUN 'AIN |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 07:15 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 07:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58342 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |