PENGARUH MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP RETENSI PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Hyfresh Supermarket Blitar Square)

AURYA CHURUN 'AIN, 126405212079 (2025) PENGARUH MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP RETENSI PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Hyfresh Supermarket Blitar Square). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (452kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan dan Reputasi Perusahaan Terhadap Retensi Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Hyfresh Supermarket Blitar Square)” ini ditulis oleh Aurya Churun ‘Ain, NIM. 126405212079, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Risdiana Himmati, S.E., M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan bisnis ritel yang didasari karena pemenuhan kebutuhan manusia yang semakin banyak dan beragam. Bertambahnya tempat belanja yang semakin banyak dengan penawaran barang yang sama, menjadikan pelanggan untuk lebih selektif dalam memilih tempat belanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen hubungan pelanggan dan reputasi perusahaan terhadap retensi pelanggan Hyfresh Supermarket Blitar Square. Tujuan lainnya untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap retensi pelanggan Hyfresh Supermarket Blitar Square, serta untuk mengetahui apakah manajemen hubungan pelanggan dan reputasi perusahaan melalui kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap retensi pelanggan Hyfresh Supermarket Blitar Square. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli atau belanja di Hyfresh Supermarket Blitar Square. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus Lemeshow. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui jawaban kuesioner pelanggan Hyfresh Supermarket Blitar Square. Penelitian ini menggunakan metode Sem-PLS dengan bantuan software SmartPLS versi 4.0. Pada penelitian ini diperoleh hasil, bahwa manajemen hubungan pelanggan tidak berpengaruh terhadap retensi pelanggan, reputasi perusahaan berpengaruh terhadap retensi pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap retensi pelanggan, manajemen hubungan pelanggan berpengaruh terhadap retensi pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening, dan reputasi perusahaan berpengaruh terhadap retensi pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Kata Kunci: Manajemen Hubungan, Reputasi, Retensi, Kepuasan

Item Type: Skripsi
Subjects: Kinerja Pegawai
Layanan Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 126405212079 AURYA CHURUN 'AIN
Date Deposited: 19 Jun 2025 07:15
Last Modified: 19 Jun 2025 07:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58342

Actions (login required)

View Item View Item