AFIFAH NINDI CAHYANI, 126201212128 (2025) PENGARUH METODE SIMULASI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (805kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Simulasi Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Trenggalek” ditulis oleh Afifah Nindi Cahyani, NIM. 126201212128, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Mukhamad Sukur, S.H.I., M.Pd.I. Kata Kunci: Simulasi, Motivasi, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan kurang menarik sehingga mempengaruhi motivasi dan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, perlu menerapkan metode pembelajaran yang dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan bersemangat selama pembelajaran berlangsung. Salah satunya dengan menggunakan metode simulasi. Berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Hasibuan dan Moedjiono, metode simulasi dapat mendorong terjadinya interaksi antar peserta didik dan mengajak peserta didik untuk terlibat secara langsung dalam situasi yang dibuat menyerupai lingkungan sebenarnya sehingga mampu menimbulkan respons positif dari peserta didik. Oleh karena itu, peneliti bermaksud menguji metode ini melalui penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 2 Trenggalek. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh metode simulasi terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Trenggalek? (2) Adakah pengaruh metode simulasi terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Trenggalek? (3) Adakah pengaruh metode simulasi terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Trenggalek? Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan Pre-Experiment dengan bentuk One-Grup Prestest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X yang berjumlah 324 peserta didik. Sampel yang digunakan adalah kelas X-8 yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan instrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes, angket dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh penelitian ini adalah uji T dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh metode simulasi terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. Hasil uji T menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh metode simulasi terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. Hasil uji T menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh metode simulasi terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMAN 2 Trenggalek. Hasil uji Manova pada menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212128 AFIFAH NINDI CAHYANI |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 02:38 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 02:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58355 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |