NUR MAHMUDI, 126201212168 (2025) IMPLEMENTASI IRAMA AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS TILAWAH AL-QUR’AN DI RUMAH TILAWAH AL-QUR’AN (RTQ) AR-ROYYAAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (497kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada konteks penelitian di lapangan. Saat ini banyak generasi milenial yang kurang berminat dalam belajar membaca alqur’an khususnya belajar tilawah al-qur’an karena belajar tilawah al-qur’an terlihat sulit dan membosankan dan juga dikarenakan banyaknya tempat pembinanaan Tilawah al-Qur’an khsususnya di Kecamatan Sumbergempol yang kurang dalam mencetak generasi Qori’ Qori’ah yang berkualitas. Oleh karena itu, perlu adanya strategi terlebih dahulu ketika menerapkan irama al-qur’an dalam belajar tilawah al-qur’an, sehingga dapat mencetak generasi milenial untuk menjadi qori’ qori’ah yang berkualitas dan tidak membosankan. Dengan demikian, belajar tilawah al-quran juga dapat memperbaiki cara baca al-qur’an, sehingga bacaan tajwid tetap terjaga ketika membaca al-qur’an dengan bantuan irama al-qur’an yang dilantunkan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan Irama Al- Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Tilawah Al-Qur’an di RTQ Ar- Royyaan Sumbergempol Tulungagung. (2) Bagaimana Penerapan Irama Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Tilawah Al-Qur’an di RTQ Ar- Royyaan Sumbergempol Tulungagung. (3) Bagaimana evaluasi Irama Al- Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Tilawah Al-Qur’an di RTQ Ar- Royyaan Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian berada di RTQ Ar- Royyaan Sumbergempol Tulungagung. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer (kepala RTQ sekaligus pengampu tilawah),. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analsis data menggunakan reduksi data, penyajian data, vertifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan uji kreadibilitas, pengujian transferability, pengujian dependability, dan pengujian confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan Irama Al- Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Tilawah Al-Qur’an di RTQ ArRoyyaan Sumbergempol Tulungagung terdiri dari beberapa tahap yakni meliputi merumuskan dan membuat capaian yang harus dikuasai, menyiapkan materi irama dalam bentuk maqro’ yang akan diajarkan kepada santri, menyiapkan guru cadangan sehingga pembelajaran akan terus berjalan dan tidak kosong (libur), menyiapkan media pendukung pembelajaran, dan menyediakan seragam gratis dan pembelajaran tidak dipungut biaya. (2) Penerapan Maqam Irama Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Tilawah Al-Qur’an di RTQ Ar-Royyaan Sumbergempol Tulungagung terdiri dari beberapa tahap yakni membuka pembelajaran dengan tawasul dan doa, melaksanakan pemanasan suara sebelum pembelajaran dengan melantunkan sholawat nabi, dalam menerapkan metode yang telah direncanakan oleh ustadz dengan mencontohkan irama kepada santri dengan cara berulang-ulang dan menyisipkan ilmu-ilmu tajwid, santri diberikan kesempatan membaca maqro’ dengan bersama-sama maupun perorangan, penilaian kemampuan yaitu santri memiliki kemampuan lebih akan dibina lebih lanjut, variasi irama yang diajarkan selalu update yang diperoleh dari pembinaanpembinaan yang didapat ustadz, sebelum pembelajaran diakhiri santri diminta membawakan bersama-sama materi yang telah diajarkan, pembelajaran diakhiri dengan menyanyikan mars (MTQ, JQH, dan doa khitmil qur’an), dan pembiasaan bersalaman santri dengan para ustadz sebelum santri meninggalkan tempat. (3) Evaluasi Irama Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Tilawah Al-Qur’an di RTQ Ar-Royyaan Sumbergempol Tulungagung dilakukan dengan beberapa tahap yakni meliputi evaluasi pada setiap pembelajaran tilawah yakni dengan mengukur seberapa jauh penguasaan materi tilawah rata-rata santri, dan juga dengan MTQ baik di RTQ Ar-Royyan setiap satu tahun sekali maupun MTQ daerah setiap dua tahun sekali. Evaluasi selanjutnya yaitu evaluasi sistem pembelajaran setiap 6 bulan sekali dan yang terakhir adalah tindak lanjut dari hasil evaluasi guna memperbaiki kualitas tilawah santri-santri di RTQ Ar-Royyan Sumbergempol Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > TPA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212168 NUR MAHMUDI |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 11:39 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 11:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58371 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |