NIHA NA'IMATUS SA'ADAH, 126205212118 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN HAFALAN MUFRADAT BAHASA ARAB DI MI NURUL ISLAM TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (851kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Sa’adah, Niha Na’imatus. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard dalam Meningkatkan Hafalan Mufradat Bahasa Arab di MI Nurul Islam Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Flashcard, Hafalan Mufradat, Bahasa Arab. Penelitian dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard dalam Meningkatkan Hafalan Mufradat Bahasa Arab di MI Nurul Islam Tulungagung” ini dilatar belakangi oleh bebarapa masalah yang terjadi. Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh peneliti, masalah yang terjadi yaitu saat ini diperlukan media yang tepat dan menarik untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik terutama pada pelajaran yang dianggap sulit dan membosankan seperti bahasa Arab. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah pengembangan media pembelajaran flashcard, mengetahui kelayakan media pembelajaran flashcard, dan mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran flashcard dalam meningkatkan hafalan mufradat bahasa Arab. Metode penelitian yang diambil dalam penelitian ini yaitu R&D dengan model Borg and Gall yang menggunakan 10 tahapan kemudian disederhanakan menjadi 5 tahapan berdasarkan temuan dari Prof. Sugiyono yaitu : (1) menganalisis produk yang akan dikembangkan (need analysis), (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli, (4) uji coba lapangan, dan (5) revisi produk. Hasil uji kevalidan media mendapat nilai 69% (valid). Validator materi memberi nilai 96% (sangat valid). Kemudian dari validator pembelajaran mendapat nilai 79% (valid). Hasil nilai kepraktisan dari 20 peserta didik yaitu mendapat nilai 88,9% (praktis). Dengan demikian, maka media pembelajaran flashcard ini dinyatakan valid dan memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran sehingga media ini bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Uji normalitas yang digunakan dalam menganalisis data yaitu data pre-test dan post-test dalam uji normalitas I-Sample Shapiro-Wilk. Hasilnya kedua data berdistribusi normal, ditunjukkan dengan masing-masing data melebihi signifikasi yaitu 0,05. Signifikasi data pre-test adalah 0.242 > 0,05 dan data post-test adalah 0,285 > 0,05. Kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis yang memperoleh nilai Sig. 0,001 < 0,05, artinya terdapat perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Dengan demikian, media pembelajaran flashcard terbukti efektif serta berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar yaitu dalam meningkatkan hafalan mufradat bahasa Arab.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205212118 NIHA NA'IMATUS SA'ADAH |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 02:59 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 02:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58374 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |