TITIS ANDRIAWAN, 12611202069 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORIUM PHET TERHADAP MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI USAHA DAN ENERGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Virtual Laboratorium PhET Terhadap Motivasi Dan Pemahaman Konsep Pada Materi Usaha Dan Energi Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kalidawir Tulungagung” ditulis oleh Titis Andriawan, NIM. 126211202069. Pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, Virtual Laboratorium PhET, Motivasi, Pemahaman Konsep. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Kalidawir yang dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa, penyebab hal ini salah satunya adalah guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Dimana proses belajar mengajar hanya terpusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan sebagian besar masih belum terlalu memahami materi usaha dan energi karena materi bersifat abstrak. Oleh sebab itu, maka diperlukan model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep siswa. Dalam upaya untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep siswa diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan virtual laboratorium PhET. Model pembelejaran tersebut merupakan bentuk inovasi untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep siswa pada materi usaha dan energi kelas VIII SMPN 3 Kalidawir Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media pembelajaran virtual laboratorium PhET terhadap motivasi belajar siswa. (2) Mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media pembelajaran virtual laboratorium PhET terhadap pemahaman konsep siswa. (3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media pembelajaran virtual laboratorium PhET terhadap motivasi belajar siswa dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VIII SMPN 3 Kalidawir Tulungagung. Adapun sampel pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII-B dengan jumlalah siswa 28 dan kelas VIII-D dengan jumlah siswa 30. Pemilihan sampel menggunakan Teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah : 1) kuesioner, 2) tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: 1) uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), 2) uji prasyarat (uji normalitas dan homogentitas), 3) uji hipotesis (uji t dan uji MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing virtual laboratorium PhET terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung dengan nilai signifikasi sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing virtual laboratorium PhET terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung dengan nilai signifikasi sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan virtual laboratorium PhET terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa kelas VIII di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung dengan nilai signifikasi sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211202069 Titis Andriawan |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:46 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 02:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58396 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |