LAYANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGGULANGI PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK MTS AL-HIDAYAH TUGUSUMBERJO JOMBANG

FARADHIA ALIMATUZZUHRO, 126306201019 (2024) LAYANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGGULANGI PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK MTS AL-HIDAYAH TUGUSUMBERJO JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (309kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Layanan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menanggulangi Penyebab Kesulitan Belajar Peserta Didik MTS Al-Hidayah Tugusumberjo Jombang yang ditulis oleh Faradhia Alimatuzzuhro dengan NIM 126306201019 program studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dengan dosen pembimbing Ibu Fionna Christabella, M.A. Kesulitan belajar adalah salah satu masalah yang cukup sering dihadapi oleh peserta didik, baik peserta didik sekolah dasar, maupun menengah. Kesulitan belajar juga terjadi pada peserta didik MTs Al-Hidayah Tugusumberjo Jombang. Kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik di MTs Al-Hidayah Tugusumberjo Jombang antara lain adalah kurangnya fokus pada pelajaran yang sedang berlangsung, kurangnya motivasi belajar, sulit menerima pelajaran disampaikan oleh guru mata pelajaran tertentu, juga tidur saat jam pelajaran berlangsung, tidak jarang terdapat siswa yang mengganggu temannya saat pelajaran berlangsung sehingga teman dikelas menjadi tidak fokus untuk menerima pelajaran. Oleh karena itu, diperlukan layanan efektif untuk menanggulangi kesulitan belajar yang dialami peserta didik sehingga peserta didik dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru bimbingan konseling MTs Al-Hidayah Tugusumberjo Jombang, dan hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan yang diberikan oleh guru bimbingan konseling MTs Al - Hidayah Tugusumberjo Jombang adalah layanan yang sudah cukup efektif dan berjalan dengan lancar, program layanan tersebut adalah konseling individu, bimbingan klasikal, berkolaborasi dengan orang tua, mengadakan penyuluhan dan pelatihan terkait dengan dampak negatif perkembangan teknologi bagi proses belajar dan penyuluhan tentang gaya belajar yang sesuai dengan diri masing-masing peserta didik, Dai Jaya, dan berdo’a sebelum dan sesudah pelajaran yang bertujuan agar proses pembelajaran dimudahkan, dilancarkan dan diberikan ilmu yang bermanfaat. Penelitian ini menyarankan perlunya meningkatkan fasilitas, pengembangan layanan bimbingan konseling yang lebih terstruktur dan berkelanjutan untuk mendukung kesuksesan belajar peserta didik. Kata kunci: Layanan dan bimbingan konseling, Kesulitan belajar, Guru Bimbingan Konseling, Peserta didik

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306201019 FARADHIA ALIMATUZZUHRO
Date Deposited: 10 Nov 2025 07:00
Last Modified: 10 Nov 2025 07:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58404

Actions (login required)

View Item View Item