RUDIANA RIZKI AL BAROKAH, 126407212050 (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN SISTEM LAYANAN HAJI UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN JEMAAH (Studi pada Pelayanan Haji di Kementerian Agama Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Strategi Pengembangan Sistem Pelayanan Haji untuk Meningkatkan Kepuasan Jemaah (Studi pada Pelayanan Haji di Kementerian Agama Kabupaten Blitar)" ini ditulis oleh Rudiana Rizki Al Barokah, NIM 126407212050, dengan dibimbing oleh Dr. H. Mashudi, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya jumlah calon jemaah haji dan kebutuhan yang semakin meningkat, sehingga memunculkan pesaing-pesaing biro perjalanan haji swasta yang menawarkan berbagai layanan haji. Dalam hal ini, Kementerian Agama Kabupaten Blitar sebagai penyelenggara layanan haji dituntut untuk dapat meningkatkan dan menjaga kualitas layanan agar memenuhi harapan dan meningkatkan kepuasan jemaah. Terdapat tiga fokus penelitian, yaitu 1) Bagaimana pelayanan haji di Kementerian Agama Kabupaten Blitar? 2) Bagaimana strategi pengembangan sistem layanan haji dalam meningkatkan kepuasan jemaah di Kementerian Agama Kabupaten Blitar? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pengembangan sistem layanan haji dalam meningkatkan kepuasan jemaah di Kementerian Agama Kabupaten Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus untuk menggambarkan kondisi sebenarnya yang terjadi di lapangan, pengumpulan data dengan wawancara mendalam. Sumber data yang diperoleh adalah data primer yang diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi di lapangan, serta data sekunder yang diperoleh dari buku-buku, jurnal, dan karya ilmiah lainnya. Subjek penelitian adalah Petugas PHU dan jemaah haji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelayanan di Kementerian Agama Kabupaten Blitar berjalan lancar banyak perkembangan, dengan memberikan layanan terpadu melalui PTSP dan layanan berbasis IT melalui Siskohat. Adapun layanan haji yang disediakan yaitu konsultasi haji, pendaftaran setoran awal, pembatalan setoran awal, pelimpahan nomor porsi, pemberangkatan haji, pelatihan manasik, dan rekomendasi pembuatan paspor. 2) Strategi dalam pengembangan sistem pelayanan haji untuk meningkatkan kepuasan jemaah haji antara lain strategi diferensiasi untuk menciptakan kenyamanan dan keunikan melalui peningkatan teknologi layanan dan peningkatan fasilitas, juga menggunakan strategi fokus, yang berfokus untuk melayani jemaah melalui penguatan sumber daya manusia. 3) Faktor pendukung pengembangan sistem yaitu kelengkapan sarana prasarana, sumber daya manusia yang memadai, dan regulasi. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya sumber daya manusia. Kata Kunci: Strategi, Pengembangan, Pelayanan, Kepuasan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fiqih > Haji Layanan Publik Ekonomi > Strategi Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah |
Depositing User: | 126407212050 RUDIANA RIZKI AL BAROKAH |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 12:08 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 12:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58466 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |