PROPAGANDA POLITIK PADA KAMPANYE RIANG GEMBIRA PRABOWO GIBRAN

SHILFA CHOIRUN MAULIDINA, 126304202126 (2024) PROPAGANDA POLITIK PADA KAMPANYE RIANG GEMBIRA PRABOWO GIBRAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan seiring dengan momentum Pemilihan Umum 2024, yaitu pada Pilihan Presiden di masa kampanye. Kampanye dari salah satu pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka, yang menggunakan konsep Kampanye Riang Gembira. Dengan demikian penelitian menganalisa mengenai propaganda Kampanye Riang Gembira Prabowo-Gibran pada Pemilihan Umum 2024. Kajian propaganda menggunakan teori propaganda melalui 14 teknik propaganda yang dipaparkan oleh Mirza Shareza & Korry El Yana (2016). Sumber data primer pada penelitian ini adalah konten media sosial resmi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, video rekaman langsung dari Kampanye Akbar terakhir Prabowo-Gibran di Gelora Bung Karno (10/02/2024), serta video debat calon presiden dan calon wakil presiden. Sedangkan, sumber sekunder didukung oleh berita online, berbagai jurnal ilmiah, dan penunjang penelitian lainnya. Pembahasan penelitian dilakukan menggunakan teori propaganda politik dan teori komunikasi politik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya 10 teknik propaganda yang digunakan, yaitu Glittering Generalities, Transfer,Testimonial, Plain Folks, Card Stacking, Bandwagon, Repetition, Assertion, Using All Form of Persuasion, dan Situation Tyrannized. Kesimpulannya bahwa kampanye “Riang Gembira” Prabowo-Gibran tidak hanya untuk mendapatkan respon masyarakat yang bersifat “riang” dan “gembira”, melainkan juga menarik sisi simpati dan empati. Kandidat juga menekankan pada program kerja berkelanjutan dari masa pemerintahan sebelumnya, serta program kerja yang terfokus pada bidang kesehatan dan pertahanan bangsa. Kata kunci: Pemilu 2024, Kampanye, Propaganda, Komunikasi Politik

Item Type: Skripsi
Subjects: Media Sosial
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 126304202126 SHILFA CHOIRUN MAULIDINA
Date Deposited: 25 Jun 2025 13:33
Last Modified: 25 Jun 2025 13:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58497

Actions (login required)

View Item View Item