HANIK MUNTADIROH SHAFA'AH, 126204211029 (2025) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATERI BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI TINGKAT BERPIKIR LOGIS KELAS X SMAN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (603kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (537kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (413kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Pada Materi Barisan dan Deret Ditinjau dari Tingkat Berpikir Logis Siswa Kelas X SMAN 1 Ngunut” ini ditulis oleh Hanik Muntadiroh Shafa’ah, NIM. 126204211029, Progam Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes.,Ph.D. Kata Kunci: kemampuan literasi matematika siswa, soal HOTS, Berpikir logis Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan literasi matematika siswa ketika menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari tingkat berpikir logis siswa. Kemampuan literasi matematika adalah kemampuan seseorang untuk merumuskan, menggunakan, dan mengintrepetasikan matematika dalam berbagai konteks yang melibatkan aspek matematika yang membantu mengetahui kegunaan matematika dalam membuat keputusan untuk menyelesaikan masalah kehidupan nyata. Oleh karena itu, penelitian ini menghubungkan kemampuan literasi matematika siswa dengan tingkatan berpikir logis siswa. Hal ini dikarenakan apabila siswa memiliki tingkat berpikir logis tinggi, maka siswa akan lebih mudah memahami suatu permasalahan dan mampu menganalisis serta membuat kesimpulan ke dalam dunia nyata. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan kemampuan literasi matematika siswa berpikir logis tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi barisan dan deret kelas X SMAN 1 Ngunut, (2) mendiskripsikan kemampuan literasi matematika siswa berpikir logis sedang dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi barisan dan deret kelas X SMAN 1 Ngunut, (3) mendiskripsikan kemampuan literasi matematika siswa berpikir logis rendah dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi barisan dan deret kelas X SMAN 1 Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SMAN 1 Ngunut dan diikuti seluruh siswa kelas X-K yang berjumlah 34 siswa. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 siswa dengan kategori berpikir logis tinggi, 2 siswa berpkir logis sedang, dan 2 siswa berpikir logis rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa pemberian soal tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa yang memiliki tingkat berpikir logis tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematika mulai dari tahap formulate, employ, dan interpret. (2) Siswa yang memiliki tingkat berpikir logis sedang mampu memenuhi dua indikator yaitu formulate dan employ. Dimana siswa belum memenuhi tahap intrepet yaitu belum bisa membuat kesimpulan dari permasalahan yang dikerjakan. (3) Siswa yang memiliki tingkat berpikir logis rendah hanya mampu memenuhi tahap formulate saja. Dimana siswa belum bisa memenuhi tahap employ dan interpret.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204211029 HANIK MUNTADIROH SHAFA'AH |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 12:35 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 12:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58501 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |