PUTRI ALYA CAHYANI, 126205212120 (2025) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (874kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MIN 2 Blitar” ini ditulis oleh Putri Alya Cahyani, NIM 126205212120, dengan pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Implementasi, P5, Karakter. Berbagai fenomena yang terjadi dilingkungan pendidikan pada saat ini yang berhubungan dengan permasalahan degradasi moral, menjadikan pentingnya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter sebagai upaya pembentukan karakter siswa. Pembinaan moral atau pembentukan karakter harus ditingkatkan agar karakter dan jati diri bangsa indonesia khususnya siswa sekolah tidak hilang oleh teknologi. Profil pelajar pancasila adalah pokok yang menjadi dasar acuan untuk membentuk karakter bangsa. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa merupakan kristalisasi nilai-nilai karakter, khususnya dilingkungan pendidikan. Kegiatan untuk mewujudkan profil pelajar pancasila di sekolah yaitu P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Adapun fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi kegiatan P5 cinta makanan tradisional dalam membentuk karakter peserta didik di MIN 2 Blitar? (2) Bagaimana implementasi kegiatan P5 membatik dalam membentuk karakter peserta didik di MIN 2 Blitar? (3) Bagaimana implementasi kegiatan P5 gebyar pentas seni dalam membentuk karakter peserta didik di MIN 2 Blitar?. Penelitian ini dilakukan di MIN 2 Blitar menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data yang digunakan peneliti melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Pengecekan keabsahan data melalui Kepercayaan (Creadibility), Keteralihan (Transferability), Kebergantungan (Dependablity), dan Kepastian (Confirmability). Hasil penelitian ini adalah: (1) Implementasi kegiatan P5 cinta makanan tradisional dalam membentuk karakter peserta didik di MIN 2 Blitar meliputi beberapa kegiatan yaitu praktik membuat jajan tradisional klepon yang dilaksanakan peserta didik kelas II, praktik membuat jajan tradisional gethuk yang dilaksanakan oleh kelas V, serta kegiatan bazar makanan tradisional yang dilaksanakan oleh seluruh .peserta didik di MIN 2 Blitar. Kegiatan ini merupakan wujud tema kearifan lokal dan mampu membentuk karakter siswa agar memiliki karakter kreatif, saling bekerja sama dan cinta tanah air. (2) Implementasi kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) membatik dalam membentuk karakter peserta didik di MIN 2 Blitar yaitu membuat batik dengan teknik ecoprint yang dilaksanakan oleh kelas IV dengan cara memanfaatkan daun-daun, bunga atau tumbuhan yang ada di sekitar lingkungan. Peserta didik berkelompok dan membawa peralatan seperti palu dari kayu, kain, dan dedaunan untuk membuat batik ecoprint di sekolah. Kegiatan P5 membatik ecoprint ini wujud tema kewirausahaan yang mampu membentuk karakter peserta didik yang kreatif, inovatif dan cinta tanah air. (3) Implementasi kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) gebyar pentas seni dalam membentuk karakter peserta didik di MIN 2 Blitar dilaksanakan oleh seluruh peserta didik MIN 2 Blitar yaitu kegiatan pentas seni tari tradisional, tari kreasi dan seni musik perkusi. Kegiatan P5 gebyar pentas seni di MIN 2 Blitar merupakan wujud tema berkebhinekaan global untuk membentuk karakter peserta didik yang kreatif, percaya diri dan cinta tanah air.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205212120 PUTRI ALYA CAHYANI |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 21:26 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 21:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |