DWI AGUS SETIAWAN, 12201193364 (2024) PEMBIASAAN IBADAH SHALAT DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN BELAJAR SISWA DI MTsN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (652kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pembiasaan Ibadah Shalat dalam Membentuk Karakter Disiplin Belajar Siswa di MTsN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Dwi Agus Setiawan, NIM.12201193364, Progam Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. Kata Kunci: Pembiasaan, Ibadah Shalat, Karakter Disiplin Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang menunjukkan adanya permasalahan dalam karakter disiplin belajar siswa di MTsN 2 Trenggalek. Adanya siswa yang terlihat kurang konsisten dalam mengikuti aturan belajar, baik dari segi kehadiran, ketepatan waktu, maupun perhatian terhadap tugas dan instruksi yang diberikan oleh guru. Masalah ini berdampak pada pencapaian akademik siswa serta menghambat perkembangan karakter positif yang diperlukan untuk sukses dalam pendidikan dan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembiasan ibadah shalat dhuhur berjamaah dan shalat dhuha di MTsN 2 Trenggalek. (2) untuk mendeskripsikan dampak pembiasaan ibadah shalat dhuhur berjamaah dan shalat dhuha dalam membentuk karakter disiplin belajar siswa di MTsN 2 Trenggalek. (3) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter disiplin belajar siswa melalui pembiasan ibadah shalat di MTsN 2 Trenggalek. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada yaitu wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan uji kredibilitas dengan cara triangulasi data, perpanjangan waktu penelitian, dan peningkatan ketekunan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Program pembiasaan ibadah shalat bagi siswa bertujuan untuk menanamkan nilai keagamaan dan disiplin melalui kewajiban shalat berjamaah yang dibimbing, dijadwalkan, serta dievaluasi secara rutin demi mencapai efektivitas dan dampak positif dalam perilaku siswa. (2) Pembiasaan ibadah shalat memberikan dampak positif pada sikap disiplin, tanggung jawab, fokus belajar, dan kebersamaan siswa, yang tercermin dalam kedisiplinan mereka di kelas dan kemauan membantu sesama dalam belajar di rumah. (3) Faktor pendukung kedisiplinan belajar siswa meliputi motivasi untuk berkembang, rasa percaya diri, hubungan baik dengan guru, keteladanan dari lingkungan, komunikasi yang solid, serta pengawasan kepala sekolah. Sebaliknya, kedisiplinan siswa dapat terhambat oleh rendahnya minat dan pemahaman, kurangnya dukungan keluarga, serta lingkungan masyarakat yang tidak kondusif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193364 DWI AGUS SETIAWAN |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 08:38 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 08:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |