KHOIRUN ANA NURFADHILA, 126310212034 (2025) PENGARUH PROGRAM PENGEMBANGAN LITERASI GSMB (GERAKAN SEKOLAH MENULIS BUKU) NASIONAL NYALANESIA TERHADAP LITERASI SISWA MTSN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan kognitif menjadi salah satu tahapan yang dilalui anak saat berliterasi, ini didasarkan pada gagasan bahwa perilaku anak ditentukan oleh kapasitas kognitif mereka, yang dianggap sebagai ilmu dasar. Rendahnya literasi siswa menjadi permasalahan utama yang dapat menjadi penghambat perkembangan individu sehingga terbentuk rumusan masalah penelitian berupa bagaimana pengaruh dari Program Pengembangan Literasi GSMB (Gerakan Sekolah Menulis Buku) Nasional Nyalanesia Terhadap Literasi Siswa MTsN 1 Tulungagung serta faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan literasi siswa MTsN 1 Tulungagung. Penelitian bersifat deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian siswa-siswi MTsN 1 Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei melalui penyebaran kuesioner. Analisis data dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS. Salah satu keberhasilan program ini adalah antusiasme para siswa dalam mengikuti kegiatan penulisan buku, di mana mereka tidak hanya hadir tetapi juga berpartisipasi dengan bertanya, berbagi ide, dan mendukung satu sama lain. penelitian ini memberikan penjabaran berbasis data terkait pengembangan literasi di MTsN 1 Tulungagung. Dalam proses pelaksanaan program GSMB, berkaitan dengan teori konstruktivisme Jean Piaget dan teori perkembangan kognitif Lev Vygotsky, terdapat 5 faktor yang mempengaruhi literasi siswa di MTsN 1 Tulungagung diantaranya faktor perkembangan kognitif, faktor sosial, faktor motivasi, faktor metode pengajaran, dan faktor lingkungan belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam |
Depositing User: | 126310212034 KHOIRUN ANA NURFADHILA |
Date Deposited: | 27 Jun 2025 04:08 |
Last Modified: | 27 Jun 2025 04:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58614 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |