UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTS SULTAN AGUNG JABALSARI TULUNGAGUNG

KALYA REGINA FORTUNATA, 126201212154 (2025) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTS SULTAN AGUNG JABALSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (928kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung” ini ditulis oleh Kalya Regina Fortunata, NIM. 126201212154, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Saiful Bahri., S.Ag M.Pd.I Kata Kunci: Upaya Guru, Akidah Akhlak, Karakter Religius Pendidikan karakter religius memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk kepribadian peserta didik agar memiliki akhlak yang baik dan sesuai dengan ajaran Islam. Di era globalisasi ini, banyak tantangan yang dapat mempengaruhi karakter siswa, seperti perkembangan teknologi, pergaulan bebas, dan minimnya keteladanan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, upaya guru akidah akhlak menjadi sangat krusial dalam menanamkan nilai-nilai religius di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru akidah akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung, yang mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam proses tersebut, serta mengevaluasi hasil dari pembentukan karakter religius yang telah dilakukan. Untuk mendalami hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana pembiasaan guru akidah akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung?, 2) Bagaimana keteladanan dan kedisiplinan guru akidah akhlak dalam upaya membentuk karakter religius peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung?, 3) Bagaiman faktor pendukung dan penghambat guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan teknik kredibilitas meliputi triangulasi (sumber dan teknik), perpanjangan pengamatan dan ketekunan pengamatan. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Pembiasaan guru akidah akhlak yang dilakukan dalam rangka membentuk karakter religius peserta didik dilakukan melalui penerapan kegiatan pembiasaan seperti kegiatan salam pagi, metode keteladanan, integrasi nilai-nilai agama dalam pembelajaran, serta pelaksanaan program keagamaan di sekolah, seperti sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, membaca Al-Qur'an, tahfidz, tahlil dan madrasah diniyah. 2) Faktor pendukung meliputi lingkungan sekolah yang mendukung, dukungan dari keluarga, serta adanya program pembiasaan yang rutin. Sedangkan Faktor penghambat yang ditemukan antara lain kurangnya kesadaran individu siswa dalam mengamalkan nilai-nilai religius dan pengaruh negatif dari lingkungan luar sekolah. 3) Keteladanan dan Kedisiplinan guru akidah akhlak yang dilakukan dalam rangka membentuk karakter religius peserta didik dilakukan melalui guru dalam bersikap baik dan religius serta penerapan kedisiplinan melalui tata tertib dan sanksi mendidik menjadi upaya efektif dalam membentuk karakter religius peserta didik secara berkelanjutan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212154 KALYA REGINA FORTUNATA
Date Deposited: 30 Jun 2025 03:40
Last Modified: 30 Jun 2025 03:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58629

Actions (login required)

View Item View Item