MAGHFIROTIN, 126201211041 (2025) PEMANFAATAN MEDIA CANVA SEBAGAI PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTSN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (899kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (670kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (470kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (453kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Media Canva Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Mtsn 6 Tulungagung” ditulis oleh Maghfirotin, NIM 126201211041, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Khusnul Mufidati, S.Sy, M.Pd.I Kata Kunci: Pembelajaran Interaktif, Canva, Al-Qur’an Hadis, Motivasi Belajar Pendidikan memiliki peran penting untuk membentuk individu yang berkompeten dan juga berakhlak mulia. Adanya perkembangan teknologi digital membawa perubahan yang signifikan dalam metode dan juga strategi dalam pembelajaran, termasuk dalam pendidikan Islam. Salah satu tantangan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN 6 Tulungagung adalah rendahnya motivasi belajar siswa karena metode pengajaran yang didominasi oleh ceramah dan hafalan saja. Oleh karena itu, dalam pembelajaran diperlukan adanya inovasi, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan media interaktif Canva. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pemanfaatan media Canva sebagai pembelajaran interaktif metode Problem Solving pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN 6 Tulungagung. (2) Mengetahui pemanfaatan media Canva sebagai pembelajaran interaktif metode diskui pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN 6 Tulungagung. (3) Mengetahui pemanfaatan media Canva sebagai pembelajaran interaktif metode Problem Solving pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN 6 Tulungagung. Metode yang digunkan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru, siswa, serta lingkungan belajar di MTsN 6 Tulungagung. Untuk memastikan keabsahan data dilakukan beberapa teknik yaitu perpanjangan pengamatan, ketekunan peneliti, dan triangulasi data dilakukan dengan menggabungkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta membandingkan informasi dari berbagai sumber dan metode pengumpulan data untuk memperkuat validitas temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Canva dalam pembeljaran Al-Qur’an Hadis dapat meningkatkan keterlibatan siswa melalui konten visual yang menarik dan interaktif. Selain itu, Canva juga mendukung metode pembelajaran berbasis Problem Solving, diskusi, dan tanya jawab yang membuat siswa lebih aktif dalam memahami materi. Sehingga, pemanfaatan media Canva sebagai pembelajaran interaktif mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN 6 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Fasilitas Belajar Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan > Guru Pendidikan > Kesulitan Belajar Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Pendidikan Islàm Pendidikan > Prestasi Pendidikan > Prestasi Belajar Pendidikan > Reward dan Punishment Pendidikan > Strategi Pembelajaran Pendidikan > Sumber Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201211041 MAGHFIROTIN |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 06:01 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 06:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58657 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |