PEMANFAATAN MEDIA CANVA SEBAGAI PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTSN 6 TULUNGAGUNG

MAGHFIROTIN, 126201211041 (2025) PEMANFAATAN MEDIA CANVA SEBAGAI PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTSN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (899kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (670kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Media Canva Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Mtsn 6 Tulungagung” ditulis oleh Maghfirotin, NIM 126201211041, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Khusnul Mufidati, S.Sy, M.Pd.I Kata Kunci: Pembelajaran Interaktif, Canva, Al-Qur’an Hadis, Motivasi Belajar Pendidikan memiliki peran penting untuk membentuk individu yang berkompeten dan juga berakhlak mulia. Adanya perkembangan teknologi digital membawa perubahan yang signifikan dalam metode dan juga strategi dalam pembelajaran, termasuk dalam pendidikan Islam. Salah satu tantangan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN 6 Tulungagung adalah rendahnya motivasi belajar siswa karena metode pengajaran yang didominasi oleh ceramah dan hafalan saja. Oleh karena itu, dalam pembelajaran diperlukan adanya inovasi, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan media interaktif Canva. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pemanfaatan media Canva sebagai pembelajaran interaktif metode Problem Solving pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN 6 Tulungagung. (2) Mengetahui pemanfaatan media Canva sebagai pembelajaran interaktif metode diskui pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN 6 Tulungagung. (3) Mengetahui pemanfaatan media Canva sebagai pembelajaran interaktif metode Problem Solving pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN 6 Tulungagung. Metode yang digunkan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru, siswa, serta lingkungan belajar di MTsN 6 Tulungagung. Untuk memastikan keabsahan data dilakukan beberapa teknik yaitu perpanjangan pengamatan, ketekunan peneliti, dan triangulasi data dilakukan dengan menggabungkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta membandingkan informasi dari berbagai sumber dan metode pengumpulan data untuk memperkuat validitas temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Canva dalam pembeljaran Al-Qur’an Hadis dapat meningkatkan keterlibatan siswa melalui konten visual yang menarik dan interaktif. Selain itu, Canva juga mendukung metode pembelajaran berbasis Problem Solving, diskusi, dan tanya jawab yang membuat siswa lebih aktif dalam memahami materi. Sehingga, pemanfaatan media Canva sebagai pembelajaran interaktif mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN 6 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Fasilitas Belajar
Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > Prestasi
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Reward dan Punishment
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Pendidikan > Sumber Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201211041 MAGHFIROTIN
Date Deposited: 14 Jul 2025 06:01
Last Modified: 14 Jul 2025 06:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58657

Actions (login required)

View Item View Item