PENGARUH KEDISIPLINAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI SE-KECAMATAN WONODADI KABUPATEN BLITAR

KHOIRUZZAIM KURNIAWAN, 1755144016 (2017) PENGARUH KEDISIPLINAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI SE-KECAMATAN WONODADI KABUPATEN BLITAR. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (346kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi belajar siswa terhadap Peningkatan prestasi belajar siswa di MI se Kecamatan Wonodadi” ini ditulis oleh Khoiruzzaim Kurniawan, Ilmu Pendidikan Dasar Islam (IPDI), NIM:2846134028, Tahun 2015 di bimbing oleh Dr. H. Teguh, M.Ag dan Drs. H. Muwahid Shulhan, M.Ag. Kata Kunci: Pengaruh, Kedisiplinan, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh melemahnya kedisiplinan guru yang bisa dilihat antara lain adanya gejala-gejala guru yang sering membolos/mangkir mengajar, guru yang masuk ke kelas yang tidak tepat waktu atau terlambat masuk ke sekolah, guru yang mengajar tidak mempunyai persiapan mengajar atau persiapan mengajarnya yang kurang lengkap. Dan juga rendahnya motivasi belajar siswa sehingga banyak sekali siswa yang kurang dalam meraih prestasi disekolah. Sehingga peneliti ingin meneliti pengaruh antara disiplin guru dan motivasi belajar siswa dengan pretasi belajar siswa di sekolah. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah (1) Adakah pengaruh kedisiplinan guru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa MI se-Kecamatan Wonodadi? (2) Adakah Pengaruh Motivasi belajar siswa terhadap peningkatan prestasi belajar siswa MI se-Kecamatan Wonodadi? (3) Adakah pengaruh kedisiplinan guru dan motivasi belajar siswa terhadap peningkatan prestasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah? Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deduktif dengan jenis penelitian kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MI se Kecamatan Wonodadi sebanyak 18 lembaga sekolah. Kemudian dengan teknik cluster sampling dipilih 4 lembaga sekolah dengan populasi sebanyak 2638 siswa dan 229 guru. Dalam penelitian ini jumlah sampel berdasarkan tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu yang dikembangkan oleh Issac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% yaitu sebanyak 307 siswa dan 135 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument angket. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa di MI se Kecamatan Wonodadi yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (127,173>1,968). Nilai signifikansi t untuk variabel kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa adalah (0.000 < 0,05) sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di MI se Kecamatan Wonodadi yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (158,297> 1,968). Nilai signifikansi t untuk variabel kompetensi terhadap prestasi belajar siswa adalah (0.000 < 0,05) sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di MI se Kecamatan Wonodadi yang ditunjukkan dari fhitung > ftabel (25,514>3,060). Nilai signifikansi f untuk variabel kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa adalah (0.000 < 0,05) sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: TESIS 1755144016 KHOIRUZZAIM KURNIAWAN
Date Deposited: 25 Aug 2017 03:13
Last Modified: 25 Aug 2017 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5876

Actions (login required)

View Item View Item