UMI LATIFAH, 126211201024 (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS VIII DI SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (394kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Umi Latifah. 126211201024. 2024. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan PhET Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Usaha dan Energi Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung. Skripsi, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Desyana Olenka Margareta, M.Si. Kata kunci: Discovery Learning, PhET, Hasil Belajar, Usaha dan Energi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa, hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru, kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran serta laboratorium yang kurang memadai untuk mendukung proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran serta media yang dapat membantu siswa untuk menemukan konsep fisika yang abstrak dan sulit dipahami. Salah satunya adalah model discovery learning berbantuan PhET. Kolaborasi model discovery learning dan phet diharapkan dapat memberikan pengaruh positif pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1). Mengetahui adanya pengaruh model discovery learning berbantuan phet terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas VIII di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung. 2). Mengetahui besarnya pengaruh model discovery learning berbantuan Phet terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas VIII di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen Quasi Experimental Design. Bentuk desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 218 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling yakni VIII B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (posttest) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni: 1) Uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), 2) Uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), 3) Uji hipotesis (uji independent sample t-test dan effect size cohen’s d). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model discovery learning berbantuan phet terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas VIII di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung, dengan perolehan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu (0,011 < 0,05), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Besarnya pengaruh model discovery learning berbantuan phet terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas VIII di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung sebesar 0,7, dimana termasuk dalam kategori sedang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211201024 UMI LATIFAH |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 07:55 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 07:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58790 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |