BINTI NIKMATON JANNAH, 126208212074 (2025) ANALISIS TINGKAT KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH IPA PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN MANUSIA SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2024/2025. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi ini dengan judul “Analisis Tingkat Kesulitan Belajar Siswa dalam Memecahkan Masalah IPA pada Materi Sistem Pernafasan Manusia Siswa Kelas VIII-B SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2024/2025” ditulis oleh Binti Nikmaton Jannah dengan NIM 126208212074, pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd. MM. Kata Kunci : Analisis, Tingkat Kesulitan Belajar Siswa, Sistem Pernafasan Manusia. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesulitan belajar yang dialami siswa SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Masih banyak siswa yang mengganggap bahwa pelajaran IPA sulit sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa kurang. Kesulitan belajar adalah kondisi dimana siswa tidak mampu belajar dengan baik karena adanya halangan atau hambatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa, diperlukan adanya penelitian terkait kesulitan belajar . Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa kemampuan tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah IPA pada materi sistem pernafasan manusia siswa kelas VIII-B SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. (2) mengatahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar dalam memecahkan masalah IPA materi sistem pernafasan manusia siswa kelas VIII-B SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. (3) mengetahui upaya dalam mengatasi masalah kesulitan belajar siswa dalam memecahkan masalah IPA materi sistem pernafasan manusia siswa kelas VIII-B SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan Triangulasi teknik dan metode yaitu tes soal dan wawancara dengan guru dan siswa, dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung sebagai subjek tes soal, kemudian mengambil 6 siswa dengan rincian 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah berdasarkan hasil nilai rapaot semester sebagai subjek wawancara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data hasil tes soal, wawancara dengan guru mata pelajaran IPA dan siswa, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) siswa kemampuan tinggi, sedang, dan rendah memiliki tingkatan kesulitan belajar yang berbeda-beda. Siswa kemampuan tinggi cenderung mudah menyelesaikan soal tingkat kognitif C1 sampai C5, siswa kemampuan sedang cenderung kesulitan dalam menyelesaikan soal tingkan kognitif C3 dan C4, sedangkan siswa kemampuan rendah memeliki kesulitan mulai dari level kognitif C1 sampai C4. Kesulitan belajar yang dialami siswa sebagai berikut: memahami konsep materi sistem pernafasan manusia, menjelaskan dan memahami konsep yang kompleks atau panjang, dan menghafal nama-nama organ pada sistem pernafasan manusia. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar yang dialami siswa terdapat dua faktor yaitu faktor intenal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi: siswa kurang berminat pada mata pelajaran IPA terutama IPA Biologi, rendahnya motivasi belajar siswa, dan siswa tidak fokus dalam pembelajaran. Sedangkan untuk faktor eksternal meliputi: sarana dan prasana dalam kegiatan pembelajaran IPA belum memadai, buku paket yang digunakan sebagai media belajar sangat singkat dan terlalu minim materi, dan guru kurang variasi dalam mengajar di dalam kelas. (3) upaya pendidik yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa yaitu : memotivasi siswa untuk membaca, memberi materi tambahan, dan memberikan perhatian khusus untuk siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Manusia Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208212074 BINTI NIKMATON JANNAH |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 08:36 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 08:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58829 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |