MUNIFATUZ ZAHRO', 126201211055 (2025) PENERAPAN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR'AN SANTRI TPQ DARUSSALAM NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Metode An-Nahdliyah dalam Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TPQ Darussalam Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Munifatuz Zahro’, NIM. 126201211055, dengan pembimbing Dr. Mochamad Nasichin Al Muiz, S.H.I., M.Pd.I. Kata Kunci: Penerapan Metode An-Nahdliyah, Minat Membaca Al-Qur’an, Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dalam pendidikan Al-Qur’an. Sekarang ini banyak dijumpai anak-anak bahkan remaja muslim yang mengalami penurunan minat membaca Al-Qur’an di kalangan masyarakat, bahkan di antaranya ada yang masih belum bisa membaca Al-Qur’an. Dihadapkan pada perkembangan zaman yang lebih berat dengan mengandalkan sesuatu yang serba cepat atau instan, sementara belajar Al-Qur’an sendiri membutuhkan proses yang tidak singkat. Maka, perlu penerapan metode yang tepat guna efisiensi waktu dan tenaga yang dilakukan dengan sistematis dan terstruktur. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pentingnya penerapan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan minat dan kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Darussalam Ngantru Tulungagung, 2) untuk mengetahui penerapan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan minat dan kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Darussalam Ngantru Tulungagung, 3) untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan yang menghambat penerapan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan minat dan kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Darussalam Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan deskriptif kualitatif melalui tiga tahapan yakni: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan: 1) perpanjang keikutsertaan, 2) meningkatkan ketekunan, 3) triangulasi, dan 4) pembahasan sejawat. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: 1) Metode An-Nahdliyah efektif dalam meningkatkan minat dan kemampuan membaca Al-Qur’an santri. Penekanan pada pembelajaran yang alami dan menyenangkan dapat mengatasi kesulitan anak-anak dalam membaca Al-Qur’an, 2) Penerapan metode An-Nahdliyah di TPQ Darussalam menggunakan sistem klasikal dengan media ketukan. Peningkatan minat dan kemampuan santri terlihat pada: kegemaran santri meningkat dalam membaca Al-Qur’an, ustadz dan ustadzah puas dengan hasil belajar santri, dan santri yang sebelumnya tidak bisa membaca menjadi lancar membaca Al-Qur’an, 3) Faktor pendukung penerapan metode An-Nahdliyah di TPQ Darussalam Ngantru meliputi: media yang memadai, ustadz dan ustadzah yang mengajar, dan dorongan wali santri. sedangkan faktor penghambat penerapan metode An-Nahdliyah meliputi: santri kurang istiqomah dan bersaing dengan metode lain.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar Nahdlatul Ulama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201211055 MUNIFATUZ ZAHRO' |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 03:26 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 03:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58837 |
Available Versions of this Item
Actions (login required)
![]() |
View Item |