IMAM IRFAI, 128501203010 (2023) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA (Studi Multi Situs di MTs Ma’arif Udanawu Blitar. [ Thesis ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (853kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Mutu Lembaga (Studi Multi Situs di MTs Ma’arif Udanawu Blitar dan MTsN 5 Kediri)” ini di tulis oleh Imam Irfai, NIM 12850123010 dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag dan Dr. Imam Junaris, S.Ag, M.HI. Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Mutu Lembaga, Manajemen kesiswaan merupakan bagian penting dari proses pendidikan yang mencakup berbagai kegiatan dalam mendampingi, membina, dan mengarahkan peserta didik agar berkembang secara optimal, baik dari sisi akademik maupun non-akademik. Fungsi strategis manajemen kesiswaan tidak hanya berorientasi pada aspek administratif, tetapi juga bertujuan membentuk karakter, sikap, dan keterampilan peserta didik secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan dan menganalisis sistem rekrutmen siswa baru dalam meningkatkan mutu lembaga di MTs Ma’arif Udanawu Blitar dan MTsN 5 Kediri; (2) Mendeskripsikan dan menganalisis sistem pembinaan siswa sebagai bagian dari penguatan karakter dan pengembangan potensi peserta didik; dan (3) Mendeskripsikan serta menganalisis sistem pelacakan alumni sebagai salah satu indikator keberhasilan lembaga pendidikan dalam jangka panjang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi situs (multi-site study), yang berfokus pada dua madrasah tingkat MTs yang memiliki karakteristik dan strategi manajerial yang berbeda. Pemilihan lokasi dilakukan secara purposif untuk menangkap variasi praktik manajemen kesiswaan di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan informan kunci, serta studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara interaktif melalui proses reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sistem rekrutmen siswa baru dilaksanakan melalui dua jalur, yaitu tryout dan reguler (prestasi dan tes), dengan pelibatan aktif seluruh elemen madrasah. Promosi dilakukan melalui media sosial, website, brosur, dan sosialisasi langsung ke masyarakat dan sekolah dasar. (2) Pembinaan siswa dilaksanakan secara berkelanjutan melalui kegiatan ekstrakurikuler, pembentukan karakter berbasis nilai keislaman dan kebangsaan, serta layanan bimbingan konseling yang responsif. (3) Sistem pelacakan alumni dijalankan secara kolaboratif oleh Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, OSIS, organisasi alumni, dan guru BK, yang juga menjadi jejaring informasi dan motivasi bagi siswa aktif. Ketiga sistem tersebut saling bersinergi dalam membentuk kultur lembaga yang unggul dan berkontribusi terhadap peningkatan mutu secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Mutu Pendidikan Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 128501203010 IMAM IRFAI |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 08:54 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 08:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58877 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |