KORELASI METODE PETA IMAJINASI DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS VII DI MTS UNGGULAN DARUL FALAH MOJOKERTO

SUCI AMALIA HERAWATI, 126201212166 (2025) KORELASI METODE PETA IMAJINASI DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS VII DI MTS UNGGULAN DARUL FALAH MOJOKERTO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (648kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (524kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Korelasi Metode Peta Imajinasi dengan Kemampuan Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran SKI Kelas VII di MTs Unggulan Darul Falah Mojokerto” ditulis oleh Suci Amalia Herawati, NIM. 126201212166, Pembimbing Dr. Annisatul Mufarokah, S. Ag., M.Pd. Kata kunci : Hubungan, Metode peta imajinasi, Kemampuan kognitif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kognitif peserta didik dalam mengingat dan memahami materi SKI. Hal ini disebabkan karena terbatasnya waktu pembelajaran, metode yang kurang efektif, serta luasnya cakupan materi. Kondisi ini menurunkan motivasi belajar peserta didik. Untuk mengatasinya, diperlukan metode yang tepat untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik, khususnya dalam aspek remembering, comprehension, dan analysis materi. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah peta imajinasi, yang membantu peserta didik dalam merangkum dan memetakan poin-poin penting dari materi SKI secara lebih menarik dan mudah dipahami. Rumusan penelitian ini, yaitu 1) Apakah terdapat hubungan antara metode Peta Imajinasi dengan kemampuan kognitif dalam aspek remembering peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas VII di MTs Unggulan Darul Falah Mojokerto?, 2) Apakah terdapat hubungan antara metode Peta Imajinasi dengan kemampuan kognitif dalam aspek comprehension peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas VII di MTs Unggulan Darul Falah Mojokerto?, 3) Apakah terdapat hubungan antara metode Peta Imajinasi dengan kemampuan kognitif dalam aspek analysis peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas VII di MTs Unggulan Darul Falah Mojokerto?. Tujuannya untuk mengetahui hubungan antara metode Peta Imajinasi dengan kemampuan kognitif dalam aspek remembering, comprehension, dan analysis peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas VII di MTs Unggulan Darul Falah Mojokerto. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 32 orang, sekaligus dijadikan sebagai sampel penelitian melalui teknik nonprobability sampling jenis sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi tes dan kuesioner, yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment, dengan bantuan program SPSS 25 for Windows. Adapun hasil penelitiannya menunjukkan bahwa 1) Terdapat hubungan antara metode Peta Imajinasi dengan kemampuan kognitif dalam aspek remembering peserta didik pada mata pelajaran SKI, terbukti dengan Nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,024< 0,05 dan nilai r menunjukkan 0,397. 2) Terdapat hubungan negatif antara metode Peta Imajinasi dengan kemampuan kognitif dalam aspek Comprehension peserta didik pada mata pelajaran SKI, terbukti dengan Nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,030 < 0,05 dan nilai r menunjukkan -0,384. 3) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara metode Peta Imajinasi dengan kemampuan kognitif dalam aspek Analysis peserta didik pada mata pelajaran SKI, terbukti dengan Nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,199 > 0,05 dan nilai r menunjukkan 0,233. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode peta imajinasi metode Peta Imajinasi memberikan dampak yang bervariasi terhadap kemampuan kognitif peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212166 SUCI AMALIA HERAWATI
Date Deposited: 02 Jul 2025 06:51
Last Modified: 02 Jul 2025 06:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58886

Actions (login required)

View Item View Item