PENGARUH KONFORMITAS TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA REMAJA DI SMP PGRI 9 SIDOARJO

AHMAD HAMBALI FIRMANSYAH, 126308211004 (2025) PENGARUH KONFORMITAS TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA REMAJA DI SMP PGRI 9 SIDOARJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (345kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Konformitas Terhadap Perilaku Bullying Pada Remaja Di SMP PGRI 9 Sidoarjo” ini ditulis oleh Ahmad Hambali Firmansyah, NIM. 126308211004, dengan pembimbing Dr. Rizqa Ahmadi, Lc., M.A. Kata Kunci: Bullying, Konformitas, Remaja Fenomena bullying sering terjadi di lingkungan sekolah. Mereka mengidentifikasi perilaku bullying seperti memukul, mencubit, mengolok-olok dan mengatai nama orang tua. Namun, siswa tidak begitu yakin apakah perilaku tersebut dilakukan secara sengaja atau tidak. Perilaku bullying tidak hanya muncul begitu saja, melainkan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Namun konformitas dapat dianggap satu-satunya yang menarik untuk diteliti, karena peran tekanan sosial dan keinginan untuk menyesuaikan diri dengan kelompok tertentu dapat mempengaruhi seseorang terlibat dalam tindakan bullying. Tujuan dilakukannya penelitian adalah mengetahui pengaruh konformitas terhadap perilaku bullying pada siswa SMP PGRI 9 Sidoarjo, mengetahui tingkat konformitas siswa, mengetahui tingkat perilaku bullying siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan uji asumsi klasik yang meliputri, uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji hipotesis regresi linier sederhana. Sebelum melakukan uji hipotesis dilakukan uji asumsi klasik sebagai syarat melakukan uji regresi linier sederhana. Analisis regresi linier terhadap 187 siswa menunjukkan pengaruh positif signifikan antara konformitas dan bullying (β = 0,277, p = 0,001), meskipun kontribusinya relatif kecil (R² = 6,3%), dengan variabel bullying berada dalam kategori rendah dan konformitas pada kategori sedang. Hasil uji asumsi klasik (normalitas, linearitas, homoskedastisitas) memvalidasi model regresi yang digunakan, sehingga dapat disimpulkan bahwa konformitas memengaruhi perilaku bullying

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 126308211004 AHMAD HAMBALI FIRMANSYAH
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:59
Last Modified: 03 Jul 2025 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58904

Actions (login required)

View Item View Item