ITA YUSDALENA, 126208211016 (2025) PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN MAKROALGA DI PANTAI SAWAHAN OMBO SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (857kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Booklet Keanekaragaman Makroalga di Pantai Sawahan Ombo Sebagai Sumber Belajar IPA”, ditulis oleh Ita Yusdalena, NIM 126208211016, Jurusan Ilmu Keguruan, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Biologi, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci: Booklet, Keanekaragaman, Makroalga, Sumber belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan bahwa banyak siswa masih kesulitan memahami materi klasifikasi makhluk hidup, khususnya topik protista mirip tumbuhan. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa, minimnya sumber belajar yang digunakan serta terbatasnya waktu pembelajaran. Hal ini berakibat pada kurangnya antusias belajar siswa pada pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil angket analisis kebutuhan yang telah dilakukan diperoleh hasil 100% menyatakan bahwa diperlukannya media pembelajaran alternatif untuk mempelajari materi klasifikasi makhluk hidup terutama pada topik protista mirip tumbuhan. Penggunaan media booklet merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan siswa untuk mempelajari topik protista mirip tumbuhan. Dengan adanya sumber belajar booklet diharapkan dapat meningkatkan pemahaman serta minat belajar siswa terhadap pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini, yaitu 1) mendeskripsikan tingkat keanekaragaman makroalga di Pantai Sawahan Ombo, 2) mendeskripsikan kevalidan pengembangan booklet keanekaragaman makroalga di Pantai Sawahan Ombo, 3) mendeskripsikan kepraktisan pengembangan booklet keanekaragaman makroalga di Pantai Sawahan Ombo, serta 4) mendeskripsikan keefektifan pengembangan booklet keanekaragaman makroalga di Pantai Sawahan Ombo. Metode penelitian ini menggunakan R & D (Penelitian dan Pengembangan) yang memiliki dua tahap. Tahap I yaitu penelitian dengan menggunakan jenis kualitatif deskriptif dengan metode observasi yaitu secara langsung serta melakukan dokumentasi agar dapat mengetahui keanekaragaman makroalga. Tahap II yaitu mengembangkan produk booklet yang dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) terdapat 7 spesies makroalga di Pantai Sawahan Ombo dengan jumlah rata-rata H’ = 1,52342 yang masuk dalam kategori sedang, 2) sumber belajar booklet keanekaragaman makroalga dikatakan valid dengan penilaian ahli materi yaitu 82,5% (valid), ahli media 95% (sangat valid), 3) hasil kepraktisan mendapatkan persentase 88,2% (praktis), dan 4) berdasarkan hasil pre-test dan post-test yang dilakukan terhadap 24 siswa SMPN 2 Sumbergempol kelas VIII E dengan menggunakan uji paired sampel t-test diperoleh nilai sig 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05. Maka dengan adanya sumber belajar berupa booklet keanekaragaman makroalga efektif dalam mempengaruhi peningkatan capain pembelajaran siswa sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar IPA.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Buku Biologi > Tumbuhan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208211016 ITA YUSDALENA |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 01:20 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 01:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |