TSANIYA ZULFATUL KHOIDAROH, 12204173050 (2021) ANALISIS EPISTEMIC COGNITION SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA DI MTS SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (893kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Epistemic Cognition Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri Tahun Ajaran 2021/2022”. ini ditulis oleh Tsaniya Zulfatul Khoidaroh, NIM. 12204173050, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, IAIN Tulungagung, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Epistemic Cognition, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya epistemic cognition siswa dalam memecahkan masalah matematika. Dimana siswa masih kurang mampu dalam memonioring, menganalisis dan memecahkan masalah matematika serta mengontrol hasil dari pemecahan masalah. Epistemic cognition pada siswa dipengaruhi oleh gaya kognitif yang dimiliki oleh siswa. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level epistemic cognition siswa jika ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana epistemic cognition siswa dengan gaya kognitif field independent dalam memecahkan masalah matematika?, (2) Bagaimana epistemic cognition siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam memecahkan masalah matematika?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui level epistemic cognition siswa MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri dalam memecahkan masalah matematika jika dilihat dari gaya kognitif field independent dan gaya kognitif field dependent. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan tes gaya kognitif (GEFT). Subjek dalam penelitian ini adalah 4 siswa dengan 2 siswa bergaya kognitif field independent dan 2 siswa bergaya kognitif field dependent. Adapun teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes (GEFT dan soal cerita tentang SPLDV), dokumentasi, observasi, dan wawancara. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang epistemic cognition siswa dalam memecahkan masalah matematika dan hasil gaya kognitif siswa kelas VIII-D di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa kelas VIII-D di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Sedangkan metode observasi dan wawancara digunakan untuk menggali data tentang hasil tes pada siswa, menentukan populasi dan sampel, serta kondisi madrasah. Analisis data dalam penelitian ini dengan mereduksi, menyajikan, dan menyimpulkan data serta melakukan triangulasi untuk mengecek kekredibilitas data. Berdasarkan analisis data penelitian ini memberikan kesimpulan: (1) Epistemic cognition siswa dengan gaya kognitif field independent dalam memecahkan masalah matematika termasuk dalam level dominan rasional. Hal tersebut terlihat dari karakteristik epistemic cognition siswa dalam memecahkan masalah matematika yaitu siswa cenderung lebih banyak menggunakan strategi metakognisi, pendekatan dan justifikasi dalam memecahkan masalah secara rasional. (2) Epistemic cognition siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam memecahkan masalah matematika termasuk dalam level rasional empiris. Hal tersebut terlihat dari karakteristik epistemic cognition siswa dalam memecahkan masalah matematika. siswa melaksanakan strategi metakognisi, pendekatan pemecahan masalah secara rasional dan justifikasi dalam memecahkan masalah secara rasional empiris.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173050 TSANIYA ZULFATUL KHOIDAROH |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:25 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 07:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58959 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |