MAB'ASUL FIKRI, 12208183188 (2022) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA KELAS VIII DI SMPN 2 TEMBELANG JOMBANG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (654kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada materi sistem gerak manusia kelas VIII di SMPN 2 Tembelang Jombang” ini ditulis oleh Mab’asul Fikri, NIM 12208183188, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Biologi, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci : Problem Based Learning, Aktivitas, Hasil belajar Siswa Penelitian ini dilatar belakangi Penelitian ini dilatar belakangi oleh 1) rendahnya aktivitas belajar siswa dan 2) hasil belajar siswa. Rendahnya aktivitas belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor. faktor tersebut adalah, kurangnya peran aktif siswa, pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Dengan demikian perlu adanya inovasi baru dalam proses pembelajaran IPA dengan menggunakan model Problem Based Learning dan discovery learning. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas VIII SMPN 2 Tembelang. 2) untuk mengetahui hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas SMPN 2 Tembelang; dan 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ipa malalui model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Discovery Learning pada siswa kelas VIII SMPN 2 Tembelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian true eksperimental (eksperimen sungguhan) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 192. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A (kelas eksperimen) dan kelas VIII E (kelas kontrol). Metode yang digunakan adalah angket, lembar observasi, tes. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa, sedangkan angket digunakan untuk memperoleh data hasil belajar. Setelah data terkumpul analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik parametris dengan menggunakan uji T-test dan uji MANOVA. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning. Hasil uji menunjukkan thitung nilainya sebesar 7,87 sedangkan nilai ttabel dengan df 31 dan taraf signifikansi 0,05 adalah 1,739. Nilai thitung berada pada penolakan Ho (7,87 > 1,39) dan penerimaan Ha. 2). Terdapat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning. Hasil uji thitung nilainya sebesar 5,73 sedangkan nilai ttabel dengan df 31 dan taraf signifikansi 0,05 adalah 1,01. Nilai thitung berada pada penolakan Ho (5,73 > 1,01) dan penerimaan Ha. 3).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183188 MAB'ASUL FIKRI |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 03:49 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 03:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59036 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |