PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS III MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

KURNIA NISWATUL JANNAH, 2817133083 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS III MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (479kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (970kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (913kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas III MI Darussalam Ngentrong Tulungagung Tahun ajaran 2016/2017” yang ditulis oleh Kurnia Niswatul Jannah ini dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, S.Pd. MM. Kata kunci : Kooperatif, Numbered Heads Together (NHT), hasil belajar. Salah satu permasalahan dalam pendidikan yang mengarah pada proses pembelajaran masih menjadi topik pembahasan saat ini. Beberapa tenaga pendidik di sekolah masih ada yang menyampaikan materi pembelajaran dengan metode ceramah, sehingga peserta didik pasif dalam kegiatan belajar dan minat peserta didik untuk belajar menjadi rendah sehingga berdampak pada hasil belajar. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Numbered Heads Together (NHT) adalah bagian dari model pembelajaran kooperatif stuktural, yang menekankan pada struktur-struktur khusus, dirancang untuk memengaruhi pola interaksi siswa. Model pembelajaran ini berbentuk kelompok yang memiliki ciri khas setiap peserta didik diberi nomor selanjutnyaguru memberi soal dan Guru menunjuk seorang peserta didik secara acak mewakili kelompoknya untuk menyampaikan argumen tanpa memberitahu terlebih dahulu siapa yang akan mewakili kelompoknya. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui hasil belajar Fiqih antara yang menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Konvensional (ceramah) terhadap hasil belajar Fiqih Peserta diidik Kelas III MI Darussalam Ngentrong Tulungagung, (2) mengetahui pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar Fiqih Peserta didik Kelas III MI Darussalam Ngentrong Tulungagung, (3) mengetahui seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar Fiqih Peserta didik Kelas III MI Darussalam Ngentrong Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas III MI Darussalam Ngentrong. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh. Sampel yang dipilih sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas III A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 18 peserta didik dan peserta didik kelas III B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 16 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes dan data dokumentasi. Hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah (1) penerapan model pembelajaran Numbered HeadsTogether (NHT) pada materi Fiqih pokok bahasan Shalat Tarawih menunjukkan rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional (ceramah) dari hasil post test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 83,61 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata yang didapatkan yaitu 74,06. (2) ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar Fiqih Peserta didik kelas III MI Darussalam Ngentrong dengan uji t diperoleh thitung yaitu 3,242dan ttabel = 1,694pada taraf signifikansi 5% dan Sig. (2-tailed) = 0,02< 0.05. (3) Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered HeadsTogether (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih peserta didik kelas III MI Darussalam Ngentrong sebesar 84% dan tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133083 KURNIA NISWATUL JANNAH
Date Deposited: 28 Aug 2017 03:10
Last Modified: 28 Aug 2017 03:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5905

Actions (login required)

View Item View Item