KAYLA TARA ALIVIA, 126210202077 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA MERAPI UNTUK PEMBELAJARAN TEKS PIDATO PERSUASIF KELAS VIII. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
Alivia, Kayla Tara. 2024. Pengembagan Media Merapi untuk Pembelajaran Pidato Persuasif Kelas VIII. Skripsi, Tadris Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd. Kata kunci: Media pembelajaran, Aplikasi, Pidato persuasif. Pembelajaran pidato persuasif dapat menjadikan peserta didik berani untuk mengajak dan menyapaikan kebaikan. Faktanya sebagian peserta didik mengganggap bahwa materi pidato persuasif adalah hal yang sulit. Berdasarkan observasi yang dilakukan terbatasnya media pembelajaran dan kurang memaksimalkan fasilitas yang ada menjadi salah satu faktor penyebab peserta didik mengganggap pidato persuasif adalah materi yang sulit. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu adanya pengembangan media yang inovatif agar dapat memudahkan peserta didik dalam mengakses materi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengembangan media Merapi untuk pembelajaran pidato persuasif kelas VIII, (2) mesdeskripsikan uji kelayakan media Merapi untuk pembelajaran pidato persuasif. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembagan ini adalah media yang dapat diunduh dalam bentuk aplikasi dan juga dapat diakses melalui website yang memuat materi tentang pidato persuasif. Metode pengembangan yang dilakukan dalam pengembangan ini adalah metode research and development dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan pengembangan yaitu (1) analisis kebutuhan. (2) rancangan produk, (3) pengembangan produk, (4) ujicoba produk, dan (5) evaluasi. Penelitian ini dilakukan di MTsN 3 Blitar kelas VIII B. Terdapat dua uji coba dalam penelitian ini yaitu uji coba kelompok kecil dilakukan pada 10 peserta didik dan kelompok besar berjumlah 22 peserta didik. Tahapan ini dilakukan secara sistematis agar produk yang dihasilkan maksimal. Hasil dari penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil analisis kebutuhan berupa wawancara dan saran, perbaikan media oleh validator. Data kuantitatif diperoleh dari hasil penilaian validator dan hasil angket uji coba produk. Hasil validasi materi oleh ahli materi memperoleh 89%. Hasil validasi media oleh ahli media memperoleh 89%. Hasil validasi media oleh guru bahasa Indonesia memperoleh 86%. Hasil validasi dari ketiga validator menjukkan bahwa media layak untuk dilakukan uji coba. Ujicoba dilakukan 2 kali yaitu uji coba kelompok besar dan kelompok kecil. Uji coba kelompok kecil memperoleh hasil 77%. Ujicoba pada kelompok memperoleh hasil 95%. Hasil dari kedua ujicoba tersebut dapat disimpulkan bahwa media merapi dikategorikan sangat baik dan layak digunakan untuk pembelajaran bahasa Indonesia materi pidato persuasif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210202077 KAYLA TARA ALIVIA |
Date Deposited: | 06 Jul 2025 00:08 |
Last Modified: | 06 Jul 2025 00:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59058 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |