LIZZAH AMMAYA SHOFAH, 126308212117 (2025) PENGARUH TOLERANSI BERAGAMA TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA SMP NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER1.pdf Download (996kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
BAB II..pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan “Pengaruh Toleransi Beragama Terhadap Interaksi Sosial Siswa SMP Negeri 2 Tulungagung” ditulis oleh Lizzah Ammaya Shofah, NIM 126308212117, dengan pembimbing Bapak Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci: Toleransi Beragama, Interaksi Sosial, Siswa. Pola interaksi sosial pada siswa SMP menjadi fenomena yang mendasari penelitian ini dilakukan. Pada tingkat SMP, siswa mulai membentuk pola interaksi sosial yang lebih kompleks dengan teman, guru dan orang lain yang memiliki latar belakang agama dan budaya yang berbeda. Sementara itu, situasi di SMPN 2 Tulungagung ditemukan adanya permasalahan pada interaksi sosial di antara siswa. Hal ini didukung berdasarkan hasil wawancara prapenelitian dengan tiga siswa, kurangnya perasaan dihargai oleh orang lain atau teman membuat mereka enggan untuk menjalin hubungan pertemanan, yang kemudian berdampak pada pola interaksi sosial mereka. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti ingin mengetahui sejauh mana perilaku menghargai atau toleran dapat memengaruhi interaksi sosial siswa. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh toleransi beragama terhadap interaksi sosial siswa SMP Negeri 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kausal- komparatif, teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, dengan rumus slovin ditentukan 100 sampel sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner yang mengukur tingkat toleransi beragama dan kualitas interaksi sosial pada siswa SMPN 2 Tulungagung. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS 22, mencakup analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier sederhana menggunakan uji t, dan uji koefisien determinasi (R Square). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dari variabel toleransi beragama terhadap variabel interaksi sosial, memiliki kekuatan pengaruh sedang (moderat) dengan tabel R square pada penelitian sebesar 0,467 (46,7%).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Psikologi Psikologi > Psikologi pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | 126308212117 LIZZAH AMMAYA SHOFAH |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:15 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59061 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |