LUTFIAH FITRIANI, 126311211013 (2025) JEJAK DIGITAL MODERASI BERAGAMA: MEMAHAMI STRATEGI DAKWAH @nuonline_id DI INSTAGRAM. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (617kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (778kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (843kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Jejak Digital Moderasi Beragama: Memahami Strategi Dakwah @Nuonline_Id Di Instagram” ini ditulis oleh Lutfiah Fitriani, NIM.126311211013, dengan pembimbing Dr. Ahmad Yuzki Faridian Nawafi’, S.Hum.,M.Pd. Kata Kunci: Strategi Dakwah, Moderasi Beragama, Media Sosial, @nuonline_id. Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia dan berperan penting dalam penyebaran informasi keagamaan. Tingginya pengguna aktif media sosial menjadikannya sebagai ruang potensial dakwah, namun juga menghadirkan tantangan berupa penyebaran radikalisme dan intoleransi. Fenomena ini mendorong pentingnya upaya sistematis dalam menghadirkan narasi alternatif yang menyejukkan dan moderat. Dalam konteks ini, dakwah digital berbasis nilai-nilai moderasi beragama menjadi sangat relevan. Nahdlatul Ulama (NU) sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia, memanfaatkan akun Instagram resminya @nuonline_id sebagai sarana strategis untuk menyebarkan pesan-pesan Islam yang ramah, toleran, dan adaptif terhadap keberagaman melalui pendekatan digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi dakwah digital yang diterapkan oleh akun @nuonline_id dan menganalisis perannya dalam menyebarkan pesan-pesan moderasi beragama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan netnografi (etnografi virtual). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non-partisipan, wawancara, dokumentasi, dan data online yang relevan. Fokus penelitian tertuju pada jejak digital akun @nuonline_id, termasuk konten-konten Instagram seperti infografis, reels, caption, hashtag, dan interaksi pengguna yang mencerminkan narasi moderasi beragama. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman untuk mendapatkan gambaran yang mendalam tentang strategi dakwah digital yang digunakan dalam akun @nuonline_id. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun @nuonline_id secara aktif menyebarluaskan nilai-nilai Islam moderat dengan strategi visual dan narasi yang komunikatif, serta memanfaatkan fitur Instagram secara optimal untuk menjangkau generasi muda. Akun ini memainkan peran penting dalam memperkuat literasi keagamaan yang damai, inklusif, dan kontekstual dengan perkembangan zaman. Keberadaan akun ini menjadi bukti nyata bahwa media sosial dapat digunakan secara efektif sebagai alat dakwah digital untuk menyebarkan ajaran Islam rahmatan lil alamin dan memperkuat semangat toleransi di ruang publik digital
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Layanan Publik Manajemen Dakwah Media Sosial |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | 126311211013 LUTFIAH FITRIANI |
Date Deposited: | 06 Jul 2025 00:59 |
Last Modified: | 06 Jul 2025 00:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59065 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |