FITRIATUL HIDAYAH, 2814133071 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN POLA PERMAINAN TIC TAC TOE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII MTs DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (606kB) |
||
Text
ABSTRAK .pdf Download (577kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (629kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (695kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (397kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (448kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Fitriatul Hidayah, 2814133071, 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan Pola Permainan Tic Tac Toe terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Kelas VIII MTs Darul Falah Sumbergempol tahun ajaran 2016/2017”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Eny Setyowati, S.Pd, MM. Kata Kunci : Team, Games, Tournament, Permainan Tic Tac Toe, Hasil Belajar. Motivasi belajar siswa merupakan faktor utama yang menentukan keberhasilan belajar siswa. Pentingnya motivasi dalam pembelajaran perlu dipahami oleh pendidik agar dapat melakukan berbagai bentuk tindakan atau bantuan pada siswa. Meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran di sekolah utamanya dalam mata pelajaran matematika bukanlah hal mudah. Oleh sebab itu, perlu adanya penerapan metode/model mengajar yang dapat mendorong motivasi siswa sehingga mampu memaksimalkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran tersebut adalah Team Games Tournament (TGT) dengan pola permainan TIC TAC TOE. Team Games Tournament merupakan salah satu metode pebelajaran kooperative yang paling sederhana, dimana dalam metode ini menggunakan turnamen akedemik, dan menggunakan kuis-kuis dan sistem skor kemajuan individu, dimana siswa berlomba sebagai wakil tim mereka dengan anggota tim lain yang kinerja akademik sebelumnya setara seperti mereka. Penggunaan pola permainan tic tac toe ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga mampu pula meningkatkan hasil belajar siswa Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan pola permainan tic tac toe terhadap hasil belajar siswa materi bangun ruang kelas VIII MTs Darul Falah Sumbergempol tahun ajaran 2016/2017, 2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan pola permainan tic tac toe terhadap hasil belajar siswa materi bangun ruang kelas VIII MTs Darul Falah Sumbergempol tahun ajaran 2016/2017. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan pola permainan tic tac toe terhadap hasil belajar siswa materi bangun ruang kelas VIII MTs Darul Falah Sumbergempol tahun ajaran 2016/2017. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan pola permainan tic tac toe terhadap hasil belajar siswa materi bangun ruang kelas VIII MTs Darul Falah Sumbergempol tahun ajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu atau eksperimen quasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap MTs. Darul Falah Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016-2017 sebanyak 104 siswa. Dimana kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-C sebagai kelas eksperiment yang diberikan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan pola permainan tic tac toe. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji homogenitas dan uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent T-test. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Ada pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan pola permainan tic tac toe terhadap hasil belajar siswa materi bangun ruang kelas VIII MTs Darul Falah Sumbergempol tahun ajaran 2016/2017. Dimana , yaitu 5,552 2,021 dan sig (2- tailed) , yaitu 0,000 0,05, ini berarti ada perbedaan antara kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan pola permainan tic tac toe dengan kelas kontrol yang diajar menggunakan metode konvensional, terbukti pula dari hasil rata-rata nilai yang diperoleh kedua kelas tersebut, yaitu kelas eksperimen (81,82) kelas kontrol (66,41). Hal ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan pola permainan tic tac toe memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa. 2) Besar pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan pola permainan tic tac toe terhadap hasil belajar siswa materi bangun ruang kelas VIII MTs Darul Falah Sumbergempol tahun ajaran 2016/2017 adalah 95,5%, berada pada interpretasi tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133071 FITRIATUL HIDAYAH |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 06:23 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 06:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5917 |
Actions (login required)
View Item |