DIMAS PRATAMA ADE SUGARA, 126211211008 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA SURYA KELAS VII MTsN 10 BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (652kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (30MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Crossword Puzzle Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Surya Kelas VII MTsN 10 Blitar” ini ditulis oleh Dimas Pratama Ade Sugara, NIM. 126211211008, Program Studi Tadris Fisika, dibimbing oleh Bapak Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Crossword Puzzle, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa pada materi Tata Surya. Hal ini disebabkan masih digunakannya model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru, sehingga siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan masih terbatas pada papan tulis dan buku, yang menyebabkan siswa mudah merasa bosan. Model dan media pembelajaran yang kurang variatif ini menyulitkan siswa dalam memahami materi Tata Surya, yang banyak melibatkan konsep dan hafalan. Akibatnya, banyak siswa yang kurang fokus saat pembelajaran berlangsung, seperti bermain sendiri, mengantuk, melamun, dan mengobrol dengan teman. Kondisi ini berkontribusi terhadap rendahnya minat belajar siswa, yang pada akhirnya berdampak pada pencapaian hasil belajar, terutama dalam ranah kognitif. Hal ini terbukti dari banyaknya siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran alternatif yang didukung oleh media pembelajaran yang lebih menarik untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media pembelajaran Crossword Puzzle. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Crossword Puzzle terhadap minat belajar siswa pada materi Tata Surya kelas VII MTsN 10 Blitar. (2) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Crossword Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi Tata Surya kelas VII MTsN 10 Blitar. (3) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Crossword Puzzle terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi Tata Surya kelas VII MTsN 10 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiments dan desain penelitian posttest only design with nonequivalent groups. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII di MTsN 10 Blitar yang berjumlah 103 siswa, dengan sampel yang digunakan adalah 20 siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik sampling pada penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket minat belajar, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan 3 uji yaitu uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji independent sample t-test dan uji MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Crossword Puzzle terhadap minat belajar siswa pada materi Tata Surya kelas VII MTsN 10 Blitar. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji independent sample t-test, yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05. Dengan demikian, H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Crossword Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi Tata Surya kelas VII MTsN 10 Blitar. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji independent sample t-test, yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Dengan demikian, H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Crossword Puzzle terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi Tata Surya kelas VII MTsN 10 Blitar. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji MANOVA, yang menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05. Dengan demikian, H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211211008 DIMAS PRATAMA ADE SUGARA |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 01:13 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 01:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59200 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |