UMI FADHILAH RINJANI, 126201211084 (2025) PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTSN 1 BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (567kB) |
![]() |
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (841kB) |
![]() |
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (805kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Rinjani, Umi Fadhilah. 2025. Pengaruh Kebiasaan Membaca Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajr Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 1 Blitar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. Kata kunci: Pengaruh, Kebiasaan Membaca Al-Qur’an, Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Al-Qur’an merupakan kitab suci yang dijadikan sebagai pegangan hidup umat Islam sedunia yang diturunkan kepada Rasulullah SAW untuk seluruh umat manusia. Membaca Al-Qur’an sekalipun kita belum memahami maknanya bukanlah perbuatan yang sia-sia karena mengulang-ulang membaca Al-Qur’an itu mempunyai banyak manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan fisik maupun psikis. Membaca Al-Qur’an berulang-ulang bukan sekedar meningkatkan kerja otak saja, tetapi dapat menentramkan hati dan jiwa sehingga membuat pembacanya menjadi tenang. Dalam belajar pastilah seorang siswa membutuhkan ketenangan itu, baik ketenangan hati dan pikiran. Prestasi belajar banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor dari dalam diri individu (intern) maupun dari luar individu (ekstern). Faktor yang datang dari dalam umumnya memiliki pengaruh yang besar dan signifikan terhadap hasil belajar yang dicapai. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kebiasaan siswa membaca Al-Qur’an kelas VIII di MTsN 1 Blitar?, (2) Bagaimana prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an hadits siswa kelas VIII di MTsN 1 Blitar?, serta (3) Apakah ada pengaruh kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an hadits pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Blitar? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kebiasaan siswa membaca Al-Qur’an kelas VIII di MTsN 1 Blitar, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an hadits siswa kelas VIII di MTsN 1 Blitar, serta (3) Untuk mengetahui pengaruh kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an hadits pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional dengan analisis Regresi Linear Sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN 1 Blitar yang berjumlah 360 siswa. Maka dilakukan pengambilan sample penelitian menggunakan terknik cluster sampling dengan mengambil siswa kelas VIII 4 dan VIII 5 yang seluruhnya berjumlah 72 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Kebiasaan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTsN 1 Blitar. Tergolong baik dengan prosentase 48,6% atau sekitar 35 siswa dan kategori sangat baik dengan prosentase 51,3% atau sekitar 37 peserta didik. 2) Prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an hadits siswa kelas VIII, diperoleh dari aspek kognitif, dalam kategori rendah sebanyak 22 siswa (30,5%), kategori sedang sebanyak 20 (27,7%), kategori baik 22 siswa (30,5%) dan kategori sangat baik sebanyak 8 siswa (11,1%). Dari aspek Afektif diperoleh 7 siswa (9,7%) dalam katgori rendah, 23 siswa (31,9%) dalam kategori sedang, 34 siswa (47,2%) dalam kategori baik dan 8 siswa (11,1%) dalam kategori sangat baik dan dari aspek psikomotorik diperoleh sebanyak 17siswa (23,6%) dalam kategori rendah, 42 siswa (58,3%) dalam kategori sedang, 10 siswa (13,8%) dalam kategori baik dan 3 siswa (4,1%) dalam kategori sangat baik. 3) Terhadap pengaruh kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap prestasi Al-Qur’an hadis aspek kognitif di peroleh nilai signifikan 0,005. Oleh karena nilai probabilitas 0,005 sama dari 0,05 maka hipotesis alternative (Ha) diterima. Untuk variable kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an hadis aspek Afektif dan psikomotorik diperoleh nilai signifikansi 0,171 dan 0,198. Oleh karena probabilitas 0,171 dan 0,198 lebih besar dari 0,05 maka hipotesis alternative (Ha) ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Hadist Agama > Al Quran Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201211084 UMI FADHILAH RINJANI |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 01:09 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 01:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59310 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |