WURI SEPTI WULANDARI, 126304213201 and DIMAS PRAKOSO NUGROHO, 199009262019031017 (2025) ANALISIS PEMBERITAAN E-COMMERCE GLOBAL AMAZON DI CNN INDONESIA PERIODE 2024-2025. [ Skripsi ]
|
Text
COVER..pdf Download (2MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (288kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (382kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (606kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (917kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji bagaimana media CNN Indonesia memberitakan Amazon dalam konteks E-commerce global. Dalam era dominasi platform digital, media memiliki peran penting dalam membentuk persepsi publik terhadap aktor-aktor besar dalam ekonomi jaringan, seperti Amazon. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memahami sejauh mana pemberitaan media nasional mencerminkan dinamika E-commerce global dan keterkaitannya dengan isu ekonomi lokal, termasuk UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pola pemberitaan CNN Indonesia terhadap Amazon, dengan menyoroti isi berita berdasarkan Tone, struktur, rubrik, model bisnis yang disorot, serta keterkaitannya dengan ekonomi digital Indonesia. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana media mengonstruksi citra Amazon dan apakah narasi yang dibangun mencerminkan peran Amazon sebagai kekuatan ekonomi digital global. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar berita bersifat informatif dan netral, serta belum menyentuh secara mendalam aspek globalisasi ekonomi, model bisnis Amazon, maupun dampaknya terhadap pelaku lokal seperti UMKM. Hanya sebagian kecil berita yang menyebut strategi ekspansi, inovasi teknologi, dan keterlibatan Amazon dalam ekonomi digital Indonesia. Artinya, CNN Indonesia masih memosisikan Amazon sebagai subjek pemberitaan faktual, bukan sebagai entitas global dengan dampak sistemik. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi kuantitatif. Metode ini dipercaya mampu menjawab rumusan masalah secara objektif melalui pengkodean data yang sistematis. Dengan menganalisis 100 berita yang dimuat di CNN Indonesia dalam periode tertentu, penelitian ini menghasilkan gambaran mengenai pola pemberitaan dan sejauh mana media berkontribusi dalam membentuk pemahaman publik tentang E-commerce global. Kata kunci : CNN indonesia, Amazon, E-commerce Global, Analisis Isi, Ekonomi Digital
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Komunikasi |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam |
| Depositing User: | 126304213201 WURI SEPTI WULANDARI |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 04:01 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 04:01 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
