KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BERBASIS SOCIO CULTURAL CONTEXT DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS (Studi Kasus di SMK Mambaul Hisan dan SMK Islam 2 Wlingi)

AYU KHIBATI AMALIA, 1880512230003 (2025) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BERBASIS SOCIO CULTURAL CONTEXT DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS (Studi Kasus di SMK Mambaul Hisan dan SMK Islam 2 Wlingi). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (432kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (609kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tesis Dengan Judul “ Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Berbasis Socio Cultural Context Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis (Studi Kasus Di SMK Mambaul Hisan dan SMK Islam 2 Wlingi)” ini ditulis oleh Ayu Khibati Amalia, NIM. 188051223003, Pembimbing 1 Dr. Musrikah, M.Pd, Pembimbing 2 Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si Kata Kunci : Kemampuan Literasi Matematis, Masalah Socio Cultural Context, Kecerdasan Logis Matematis Literasi matematis adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia. Literasi matematis dapat membantu kemampuan individu untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan konsep matematika dalam berbagai konteks. Socio Cultural Context bisa diartikan dengan konteks sosial budaya. Konteks sosial budaya sendiri merupakan aspek-aspek kehidupan sosial dan budaya suatu masyarakat yang melibatkan segala sesuatu yang berkaitan dengan cara hidup, nilai-nilai, norma, kebiasaan, tradisi, institusi, dan interaksi sosial yang terjadi dalam suatu kelompok masyarakat. kecerdasan logis matematis merupakan kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah. Seseorang mampu memikirkan dan menyusun solusi dengan urutan yang logis, suka terhadap angka, logika, urutan, dan keteraturan. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah berbasis socio cultural context ditinjau dari kecerdasan logis matematis pada siswa kelas X SMK Mambaul Hisan; (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah berbasis socio cultural context ditinjau dari kecerdasan logis matematis pada siswa kelas X SMK Islam 2 Wlingi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah studi kasus. Lokasi penelitian ini di SMK Mambaul Hisan dan SMK Islam 2 Wlingi, Subjek yang mengikuti tes ada 30 siswa SMK Mambaul Hisan dan 30 siswa SMK Islam 2 Wlingi dan diambil 8 subjek untuk wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan wawancara serta dokumentasi. Analisis data yang dilakukan mulai dari reduksi data, pengumpulan data dan penarikan kesimpulan serta pengecekan keabsahan data dengan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa:(1) Siswa Kecerdasan Logis Matematis Tinggi di SMK Mambaul Hisan mampu memenuhi semua indikator literasi matematis merumuskan, menerapkan dan menafsirkan, Siswa Kecerdasan Logis Matematis Sedang Kategori 1 di SMK Mambaul hanya memenuhi dua indikator literasi matematis merumuskan dan menerapkan, Siswa Kecerdasan Logis Matematis Sedang Kategori 2 di SMK Mambaul Hisan hanya memenuhi dua indikator merumuskan dan menerapkan dan Siswa Kecerdasan Logis Matematis Rendah di SMK Mambaul Hisan hanya mampu memenuhi satu indikator literasi matematis merumuskan. (2) Siswa Kecerdasan Logis Matematis Tinggi di SMK Islam 2 Wlingi mampu memenuhi semua indikator literasi matematis merumuskan, menerapkan dan menafsirkan, Siswa Kecerdasan Logis Matematis Sedang Kategori 1 di SMK Islam 2 Wlingi hanya dapat memenuhi dua indikator literasi matematis merumuskan dan menerapkan, Siswa Kecerdasan Logis Matematis Sedang Kategori 2 di SMK Islam 2 Wlingi hanya memenuhi satu indikator literasi matematis merumuskan. dan Siswa Kecerdasan Logis Matematis Rendah di SMK Islam 2 Wlingi hanya memenuhi satu indikator literasi matematis merumuskan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 1880512230003 AYU KHIBATI AMALIA
Date Deposited: 11 Jul 2025 08:35
Last Modified: 11 Jul 2025 08:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59371

Actions (login required)

View Item View Item