SITI KHAROMAH, 126207212112 (2025) PENGELOLAAN LAYANAN PERPUSTAKAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI MTSN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (760kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul"Pengelolaan Layanan Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di MTsN 1 Trenggalek" ditulis oleh Siti Kharomah NIM 126207212112, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Indah Komsiyah, S. Ag, M.Pd. Kata kunci: Layanan Perpustakaan, Layanan Sirkulasi, Layanan Referensi, Minat Baca Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap pengelolaan layanan di perpustakaan MTsN 1 Trenggalek. Dalam beberapa tahun terakhir, fenomena menurunnya minat baca di kalangan siswa menjadi perhatian banyak pihak di dunia pendidikan. Hal ini tampak dari berkurangnya antusiasme siswa dalam memanfaatkan sumber bacaan di lingkungan sekolah, termasuk fasilitas perpustakaan. Berdasarkan observasi pra-lapangan yang dilakukan, ditemukan bahwa perpustakaan MTsN 1 Trenggalek telah menyediakan layanan sirkulasi dan referensi yang baik, serta fasilitas yang mendukung kenyamanan siswa dalam membaca. Upaya juga terus dilakukan oleh pihak madrasah untuk meningkatkan pemanfaatan layanan perpustakaan agar lebih optimal dalam menumbuhkan budaya literasi dan minat baca siswa. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangsih keilmuan tentang (1) Layanan sirkulasi untuk meningkatkan minat baca siswa di MTsN 1 Trenggalek (2) Layanan referensi untuk meningkatkan minat baca siswa di MTsN 1 Trenggalek (3) Faktor pendukung dan penghambat layanan sirkulasi dan layanan referensi untuk meningkatkan minat baca siswa di MTsN 1 Trenggalek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan mempertimbangkan bahwa data yang diperoleh berupa fakta- fakta nyata di lapangan yang memerlukan analisis mendalam. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan hasil data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, penelitian ini menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan teknik triangulasi. Hasil yang diperoleh penelitian menunjukkan bahwa: (1) Layanan sirkulasi di perpustakaan MTsN 1 Trenggalek untuk meningkatkan minat baca siswa yaitu menggunakan dua metode, proses peminjaman dan pengembalian buku yang berjalan cepat dan sederhana, adanya kebijakan denda dan pemberian reward kepada siswa yang aktif, (2) Layanan referensi di perpustakaan MTsN 1 Trenggalek untuk meningkatkan minat baca siswa berjalan dengan baik dengan staf perpustakaan yang aktif membantu siswa, layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan batas maksimal tahun terbit adalah lima tahun, (3) Faktor pendukung layanan sirkulasi dan referensi meliputi kerjasama antara guru dan pustakawan, pembaruan koleksi buku, promosi menarik, fasilitas yang nyaman, adanya dukungan teknologi berupa aplikasi Inlis, pemberian reward kepada siswa yang rajin berkunjung, dukungan finansial dari sekolah, buku referensi diperbarui setiap lima tahun sekali dan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat seperti keterbatasan komputer dan barcode scanner, kurangnya sosialisasi mengenai aturan layanan perpustakaan, serta rendahnya displin siswa dalam mematuhi aturan perpustakaan dan penggunaan handphone yang mengalihkan perhatian siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207212112 SITI KHAROMAH |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:25 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 01:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59373 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |