PENGARUH PROGRAM KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS ATAS SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG

ZAHRA NISA'ULHAJJ, 126205212136 (2025) PENGARUH PROGRAM KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS ATAS SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (350kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Program Kunjungan Perpustakaan Sekolah Terhadap Minat Baca Peserta Didik Kelas Atas SDI Miftahul Huda Plosokandang” ini ditulis oleh Zahra Nisa’ulhajj, NIM. 126205212136, dengan pembimbing Dra. Siti Zumrotul Maulida, M. Pd. I. Kata Kunci : Kunjungan Perpustakaan, Minat Baca, Peserta Didik Turunnya minat baca siswa di era globalisasi saat ini disebabkan oleh berbagai faktor. Penelitian yang dilakukan di SDI Miftahul Huda Plosokandang telah menyediakan fasilitas perpustakaan yang baik namun minat baca siswanya masih tergolong rendah. Faktor penyebab minat baca siswa yang rendah yaitu seperti kurangnya kebiasaan membaca, lingkungan yang tidak mendukung, dan kurangnya pemanfaatan perpustakaan yang kurang optimal. Oleh karena itu, program kunjungan perpustakaan sekolah diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan minat baca. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program kunjungan perpustakaan sekolah terhadap minat baca peserta didik kelas atas di SDI Miftahul Huda Plosokandang.Teknik pengambilan sampel menggunakan salah satu teknik probability sampling yaitu simple random sampling. Melalui perhitungan rumus Slovin, diperoleh sejumlah 57 siswa sebagai sampel penelitian ini yang kemudian diambil dari kelas IV-A, IV-B, V-A, V-B, VI-A, dan VI-B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), uji asumsi klasik (uji heterokedastisitas dan uji linearitas) serta uji hipotesis (uji regresi linear sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi (R2)). Berdasarkan hasil pengolahan data angket menggunakan IBM SPSS ver.220, uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai t hitung yang didapatkan 5,999 > t tabel yakni sebesar 1,673. Adapun analisis melalui uji t yang menunjukkan nilai signifikansi variabel Kunjungan Perpustakaan (X) terhadap variabel Minat Baca (Y) adalah 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi yang telah ditetapkan (0,05). Melalui penelitian ini membuktikan juga bahwa terdapat kontribusi sebesar 36,9% antara Kunjungan Perpustakaan Sekolah (X) dengan Minat Baca Siswa (Y) di SDI Miftahul Huda Plosokandang, sedangkan 63,1% sisanya dipengaruhi atau kontribusi dari variabel lain yang tidak diteliti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel Kunjungan Perpustakaan (X) terhadap variabel Minat Baca (Y) di SDI Miftahul Huda Plosokandang atau hal ini berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Perpustakaan > Perpustakaan Sekolah
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212136 ZAHRA NISA'ULHAJJ
Date Deposited: 14 Jul 2025 01:28
Last Modified: 14 Jul 2025 01:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59407

Actions (login required)

View Item View Item