MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENUNJANG PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMKN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

ZAIN KHOIRUL HIDAYAH, 126207213132 (2025) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENUNJANG PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMKN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (572kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul " Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung " ini ditulis oleh Zain Khoirul Hidayah, NIM 126207213132, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing oleh Dr. Dr. Sukarji, M.Pd. I, NIP. 196410121987031014 Kata Kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, Prestasi Belajar Siswa. Perkembangan zaman yang semakin modern membawa dampak signifikan terhadap pola pikir manusia, sehingga diperlukan wadah yang mampu menampung dan mengarahkannya, salah satunya melalui pendidikan. Untuk menciptakan pendidikan yang unggul, dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Fasilitas yang baik dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran, memotivasi siswa, menciptakan pengalaman belajar yang positif, serta mendukung efisiensi dan keberlanjutan operasional sekolah. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana dalam menunjang prestasi belajar siswa di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung?, 2) Bagaimana pemanfaatan sarana dan prasarana dalam menunjang prestasi belajar siswa di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung?, 3) Bagaimana pemeliharaan sarana dan prasarana dalam menunjang prestasi belajar siswa di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung?, 4) Bagaimana pengevaluasian sarana dan prasarana dalam menunjang prestasi belajar siswa di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung?, 5) Bagaimana hasil manajemen sarana dan prasrana dalam menunjang prestasi belajar siswa di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung? Jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dengan teknik analisa data yaitu kondensasi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber data, ketekunan pengamatan dan diskusi teman sejawat. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Perencanaan sarana dan prasarana pendidikan di SMKN 1 Boyolangu berdasarkan analisis rapor mutu dan kebutuhan sekolah yang dilakukan setiap tahun sebelum tahun ajaran baru dimulai dengan melibatkan berbagai pihak, penyusunan program dilakukan berdasarkan prinsip skala prioritas dan sumber dana berasal dari dana BOS dan BPOPP. 2) Pemanfaatan sarana dan prasarana di SMKN 1 Boyolangu telah mencapai 60–70% untuk kegiatan akademik dan ekstrakurikuler selain itu pengadaan dilakukan setiap enam bulan melalui pembelian langsung, kerja sama, dan melalui platfrom SIPLah dan inventarisasi untuk barang di atas satu juta rupiah guna memastikan pengelolaan aset yang transparan. 3) Pemeliharaan sarana dan prasarana di SMKN 1 Boyolangu dilaksanakan secara rutin oleh tim pokja dibagi menjadi pemeliharaan gedung dan alat serta evaluasi pemeliharaan disosialisasikan lewat apel dan upacara. 4) Evaluasi sarana dan prasarana di SMKN 1 Boyolangu dilakukan secara rutin dan berkala menggunakan Visual Inspection Checklist (VIC) dan hasilnya digunakan untuk perencanaan tahun berikutnya sesuai prioritas kebutuhan dan anggaran. 5) Hasil manajemen sarana dan prasarana di SMKN 1 Boyolangu telah mencapai sekitar 80%, dengan sarana mencapai 70–79% dan prasarana mencapai 87–90%. Fasilitas seperti Wi-Fi dan lingkungan belajar meningkatkan kenyamanan siswa serta adanya sarana dan prasarana terbukti berkontribusi pada prestasi di tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207213132 ZAIN KHOIRUL HIDAYAH
Date Deposited: 05 Aug 2025 06:59
Last Modified: 05 Aug 2025 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59435

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item