THE EFFECTIVENESS OF USING REAP ( READ, ENCODE, ANNOTATE, PONDER) STRATEGY TOWARDS THE SECOND GRADE STUDENT’S READING COMPREHENSION AT MTSN 8 TULUNGAGUNG

RATNA NUR FITRIANY, 17203153178 (2022) THE EFFECTIVENESS OF USING REAP ( READ, ENCODE, ANNOTATE, PONDER) STRATEGY TOWARDS THE SECOND GRADE STUDENT’S READING COMPREHENSION AT MTSN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (753kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)

Abstract

ABSTRAK Fitriany, Ratna Nur. NIM.17203153178. 2022. The Effectiveness of using REAP ( Read, Encode, Annotate, Ponder) Strategy towards the Second Grade Student’s Reading Comprehension at MTsN 8 Tulungagung. Skripsi. Tadris Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing: Nany Soengkono Madayani, SS,M.Pd. Keyword: Efektifitas, Membaca, Strategy REAP Membaca lebih kompleks daripada merekonstruksi makna dari teks cetak atau digital. Dalam kegiatan membaca, siswa atau pembaca harus mengenali dan memahami apa yang mereka baca. Pada hari ini, siswa biasanya mengalami kesulitan dalam memahami ide pokok pada bacaan. Guru membutuhkan strategi yang dapat membuat siswa lebih memahami ide pokok pada suatu bacaan. Ada begitu banyak teknik yang dapat digunakan oleh guru untuk membantu siswa dalam memahami ide pokok. Salah satu teknik itu adalah strategi REAP (Read, Encode, Annotate, Ponder) adalah strategi mengajar untuk meningkatkan kemampuan pemahaman murid untuk membaca dengan membantu pembaca untuk membuat ide menulis kedalam kata-kata mereka sendiri. Penelitian ini dilakukan untuk menyelidiki keefektifan ”Efektivitas Strategi REAP (Read, Encode, Annotate, Ponder) Terhadap Pemahaman Membaca Siswa Di Kelas 8 MTsN 8 Tulungagung. Salah satu strategi yang yang tepat dalam mengajar adalah strategi REAP (Read, Encode, Annotate, Ponder). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: “Apakah ada perbedaan yang signifikan dalam pencapaian berbicara siswa sebelum dan sesudah di ajar dengan strategi REAP (Read, Encode, Annotate, Ponder) pada kelas 8 MTsN 8 Tulungagung?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari apakah penggunaan strategi REAP efektif digunakan atau tidak efektif digunakan dalam pengajaran berbicara pada siswa kelas sebelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan quantitatif dengan design penelitian pre-experimental. Populasi dari penelitian ini adalah para siswa kelas 8 di MTsN 8 Tulungagung tahun ajaran 2020/2021. Sedangkan, sampel penelitian ini adalah kelas 8 yang terdiri dari 34 siswa yang diambil melalui teknik sampel purposif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrumen berupa tes. Untuk menganalisa data yang sudah didapat, peneliti menggunakan bantuan SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari hasil pre-test dan post-test. Rata nilai post-test adalah 75.00 dan nilai tersebut lebih tinggi dari rata-rata nilai pre-test (72.94), perbedaan rata-rata adalah 2.06. Hal tersebut dapat diartikan bahwa terdapat peningkatan pada prestasi para siswa. Dari penghitungan statistik menunjukan bahwa signifikan value adalah 0.000 yang mana lebih kecil daipada signifikan level (0.050). Itu dapat diartikan bahwa hipotesis null (H0) ditolak dan alternatif hipotesis (Ha) diterima. Selain itu, penggunaan Strategi REAP e dalam membaca teks naratif memberi pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik ini dapat digunakan dalam belajar mengajar khususnya membaca.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: 17203153178 RATNA NUR FITRIANY
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:35
Last Modified: 14 Jul 2025 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59454

Actions (login required)

View Item View Item