PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA POKOK BAHASAN UNGGAH-UNGGUH BASA PESERTA DIDIK KELAS IV MIN NGEPOH TANGGUNGGUNUNG TULUNGAGUNG

QOWI ROSYIDAH, 2817133148 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA POKOK BAHASAN UNGGAH-UNGGUH BASA PESERTA DIDIK KELAS IV MIN NGEPOH TANGGUNGGUNUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (786kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (237kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (947kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (174kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Pokok Bahasan Unggah-Ungguh Basa Peserta Didik Kelas IV MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung” ini ditulis oleh Qowi Rosyidah, NIM.2817133148, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Bapak Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata kunci: model quantum teaching, hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi mengenai kesulitan belajar yang dialami peserta didik mata pelajaran Bahasa Jawa terutama pada pokok bahasan unggah-ungguh basa. Hal ini disebabkan oleh peserta didik kurang aktif pada saat pembelajaran, yang berakibat pada ketidak fahaman terhadap materi yang disajikan oleh pendidik. Metode yang digunakan pendidik adalah ceramah dan tanya jawab, serta model yang digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Jawa kurang inovatif dan kreatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran quantum teaching pada mata pelajaran Bahasa Jawa pokok bahasan unggah-unggah basa peserta didik kelas IV MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung?, 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran quantum teaching pada mata pelajaran Bahasa Jawa pokok bahasan unggah-unggah basa peserta didik kelas IV MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendiskkripsikan penerapan model pembelajaran quantum teaching, dengan menerapkan langkah-langkah TANDUR untuk mengatasi kesulitan pada saat pembelajaran Bahasa Jawa pokok bahasan unggah-unggah basa peserta didik kelas IV MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung, 2) Mendiskripsikan peningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Jawa pokok bahasan unggah-unggah basa peserta didik kelas IV MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas sejumlah dua siklus. Teknik untuk mendapatkan data digunakan yaitu tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Indikator keberhasilan tindakan apabila75% dan peserta didik yang mendapat 70 setidak-tidaknya 75% dari jumlah seluruh peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkn hasil belajar mata pelajaran Bahasa Jawa pokok bahasan unggah-unggah basa peserta didik kelas IV MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung. Hal ini ditunjukan dengan ketuntasan hasil belajar peserta didik pada tes siklus I sebesar 57,87%, yang sebelumnya pada pelaksanaan pre tes hanya sebesar 36,8%. Selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 94,73%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwamodel pembelajaran quantum teaching efektif dan efisien jika diterapkan pada mata pelajaran mata pelajaran Bahasa Jawa pokok bahasan unggah-unggah basa. Dan dengan menerapkan model pembelajaran quantum teaching, hasil belajar peserta didik kelas IV MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagungmata pelajaran Bahasa Jawa pokok bahasan unggah-unggah basa meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133148 QOWI ROSYIDAH
Date Deposited: 30 Aug 2017 01:58
Last Modified: 30 Aug 2017 01:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5946

Actions (login required)

View Item View Item