PEMANFAATAN ANIMASI NUSSSA RARA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTSN 1 BLITAR

PUPUT FITRI ALIFA ASMA, 126201211069 (2025) PEMANFAATAN ANIMASI NUSSSA RARA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTSN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (350kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Animasi Nussa Rara Sebagai Media Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Puput Fitri Alifia Asma, NIM 126201211069. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Annas Ribab Sibillana, M.Pd. Kata Kunci: Animasi Nussa Rara, Media Pembelajaran, Akidah Akhlak, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi saat ini yang semakin pesat, sehingga sudah banyak media-media yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Media dapat berupa audio visual seperti film, video, televisi, radio dan internet. Peserta didik MTsN 1 Blitar menunjukkan ketertarikan tinggi terhadap media pembelajaran visual. Animasi Nussa dan Rara, yang mengangkat nilai-nilai keislaman dalam bentuk cerita menarik, dinilai mampu meningkatkan perhatian dan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran. Melihat potensi ini, peneliti tertarik meneliti pemanfaatan animasi Nussa dan Rara sebagai media pembelajaran akidah akhlak di MTsN 1 Blitar. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana nilai-nilai akhlak yang ada pada animasi Nussa Rara?. (2) Bagaimana faktor penghambat dan mendukung pada pemanfaatan media animasi Nussa Rara sebagai media pembelajaran?. (3) Bagaimana tanggapan para peserta didik terhadap penggunaan video animasi Nussa Rara sebagai media pembelajaran?. (4) Bagaimana hasil dari pemanfaatan media animasi Nussa Rara untuk peserta didik di MTsN 1 Blitar?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan animasi Nussa Rara sebagai media pembelajaran akidah akhlak di MTsN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian terletak di MTsN 1 Blitar. Metode pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan dengan Reduksi Data, Penyajian Data, dan penarikan Kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan perpanjangan pengamatan, Ketekunan pengamatan, dan triangulasi (Sumber, Teknik, Waktu) Hasil penelitian adalah (1) Animasi Nussa Rara mengandung nilai-nilai akhlak antara lain: Sopan santun, Berbuat baik, Tanggung Jawab, Hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, Adan berpakaian, adab makan dan minum, Tolong menolong. (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan animasi terdapat beberapa faktor pendukung di antaranya: Konten yang menarik dan relevan, Durasi yang tepat, Karakter yang menggugah. Sementara itu faktor penghambat penggunaan animasi Nussa Rara di antaranya: Keterbatasan Akses internet, Keterbatasan waktu, dan Keterbatasan tempat. (3) Peserta didik memberikan tanggapan yang positif terhadap penggunaan animasi Nussa Rara, di antaranya: Antusiasme tinggi, keterlibatan aktif, lebih menarik dan interaktif, memudahkan pemahaman materi, menanamkan nilai-nilai positif, meningkatkan motivasi belajar. (4) Hasil dari pemanfaatan animasi Nussa Rara untuk peserta didik MTsN 1 Blitar di antaranya: Peningkatan minat belajar, pemahaman materi yang lebih mudah, Interaksi yang lebih baik, meningkatkan rasa percaya diri, pembentukan karakter positif, dan pengimplementasian dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201211069 PUPUT FITRI ALIFIA ASMA
Date Deposited: 12 Aug 2025 02:22
Last Modified: 12 Aug 2025 02:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59472

Actions (login required)

View Item View Item