ANALISIS STRATEGI ADAPTASI AYAM LODHO PAK YUSUF TRENGGALEK DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA MODERN

MUHAMMAD ABDUL ROZAQ, 126407211016 (2025) ANALISIS STRATEGI ADAPTASI AYAM LODHO PAK YUSUF TRENGGALEK DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA MODERN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Adaptasi Ayam Lodho Pak Yusuf Trenggalek dalam Mempertahankan Eksistensinya di Era Modern” ini di tulis oleh Muhammad Abdul Rozaq, mahasiswa Program Studi Pariwisata Syariah di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing Vida Maria Ulfa, M.M. Kata Kunci: Ayam Lodho Pak Yusuf Trenggalek, Eksistensi Kuliner Tradisional, Strategi Adaptasi, Era Modern Penelitian ini didorong oleh fenomena perubahan preferensi konsumen, terutama di kalangan generasi muda terhadap makanan cepat saji dan makanan luar negeri yang kini mudah ditemukan di Indonesia seperti korean food. Kondisi seperti ini mengancam keberlanjutan kuliner tradisional di era modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi adaptasi yang dilakukan oleh kuliner tradisional Ayam Lodho Pak Yusuf Trenggalek dalam bersaing dengan kuliner modern serta untuk mengidentifikasi tantangan apa saja yang dihadapi dalam mempertahankan eksistensinya di era modern. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan teori strategi adaptif dari miles and snow. Teknik mengumpulkan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mempertahankan eksistensinya, kuliner tradisional Ayam Lodho Pak Yusuf Trenggalek telah melakukan strategi adaptasi sebagai upaya untuk bertahan di era modern. Peneliti menggambarkan strategi adaptasi yang digunakan Ayam Lodho Pak Yusuf Trenggalek dalam 3 jenis strategi berdasarkan teori strategi adaptif Miles and Snow, antara lain: 1.) Prospector (inovasi) dengan membuat inovasi ayam lodho kemasan frozen . 2.) Defender (bertahan) dengan mempertahankan keautentikan cita rasa tradisional, menyediakan kemasan tradisional berupa besek dan melakukan pemilihan lokasi yang strategis. 3.) Analyzer (gabungan dari Prospector dan Defender yaitu menerapkan inovasi dengan melakukan analisis terhadap usaha yang sudah berhasil) seperti pemasaran menggunakan media sosial, bekerja sama dengan influencer, konsisten dalam mengunggah konten, aktif melakukan branding serta memberikan pilihan pembayaran Qris. Adapun tantangan yang di hadapi kuliner tradisional Ayam Lodho Pak Yusuf Trenggalek saat ini adalah menjaga kualitas produk dan layanan, mengikuti selera konsumen, serta kurangnya interaksi di media sosial. Strategi ini tidak hanya menjaga kelangsungan kuliner tradisional di era modern, tetapi juga membuktikan bahwa pelestarian budaya lokal bisa selaras dengan gaya hidup Gen Z yang dinamis, digital, dan visual.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Etika Bisnis
Ekonomi > Produksi
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah
Depositing User: 126407211016 MUHAMMAD ABDUL ROZAQ
Date Deposited: 14 Jul 2025 06:38
Last Modified: 14 Jul 2025 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59486

Actions (login required)

View Item View Item